Kamis 12 Apr 2012 12:18 WIB

Calon Gubernur DKI Jakarta akan Diumumkan Mei

ilustrasi
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pengumuman nama-nama calon gubernur dan wakil gubernur yang memenuhi syarat akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta pada 10 dan 11 Mei 2012 mendatang.

"Pada tanggal 10 dan 11 Mei mendatang akan diumumkan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI yang memenuhi persyaratan untuk menjadi calon gubernur dan wakil gubernur," kata Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KPU DKI Jakarta, Jamaluddin F. Hasyim, saat dihubungi ANTARA, di Jakarta, Kamis (12/4).

Jamaluddin mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dari tiap-tiap bakal calon gubernur dan wakil gubernur dari enam pasang yang sudah mendaftar ke KPU DKI Jakarta.

"Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan juga dukungan perseorangan untuk masing-masing bakal calon," tambah Jamaluddin.

Jamaluddin menambahkan bahwa untuk hasil tes kesehatan, pihaknya masih menunggu hasil dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dan tim dokter ahli RSPAD Gatot Subroto, tes kesehatan tersebut juga telah diikuti enam pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Senin (9/4).

Bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang akan bersaing untuk memperebutkan kursi DKI satu tersebut berasal dari partai politik dan juga jalur perseorangan. Untuk bakal calon perseorangan kali ini adalah Faisal Basrie-Biem Benjamin dan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria.

Bakal calon yang diusung koalisi Partai Golkar, Partai Damai Sejahtera, dan Partai Persatuan Pembangunan, Alex Noerdin, berpasangan dengan Nono Sumpono, untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra mengusung Joko Widodo-Basuki Tjahja Purnama, atau yang kerap disapa Jokowi-Ahok.

Partai Keadilan Sejahtera mengusung pasangan Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini, sementara bakal calon Gubernur DKI incumbent Fauzi Bowo, menggandeng Nachrowi Ramli, untuk menjadi wakilnya pada pemilihan kali ini.

DKI Jakarta akan menggelar pemilihan kepala daerah pada 11 Juli 2012 mendatang, dan sejumlah pasangan bakal calon sudah mendaftarkan diri ke KPU DKI, baik lewat partai politik maupun lewat jalur perseorangan. Sementara untuk masa kampanye masing-masing calon secara resmi akan dilaksanakan pada 24 Juni-7 Juli 2012 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement