Kamis 12 Apr 2012 03:00 WIB

Sleman Utamakan Kejujuran UN

Rep: Yoebal Rasyid/ Red: Hafidz Muftisany
Ujian Nasional (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Ujian Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN --  Sejumlah 4.453 siswa SMA dan 6.153 siswa SMK di Sleman akan mengikuti Ujian Nasional tanggal 16-19 April ini.  Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Sleman, Arif Haryono, mengatakan mereka secara maksimal sudah dipersiapkan sejak Desember 2011 lalu, melalui program try-out dan juga program pendalaman materi pelajaran yang diuji dalam UN.

''Sekurangnya, mereka sudah minimal mengikuti 7 kali try-out. Pemkab sendiri sudah mengfasilitasi pelakasaan 4 kali try-out untuk mereka. Selebihnya dilakukan dengan dana sekolah masing-masing,'' kata Arif, Rabu.

Ia meminta dengan segala persiapan ini, siswa Sleman bisa percaya diri menghadapi UN tersebut. Begitu juga, ia berharap orangtua murid bisa berperan memberi motivasi dan kepercayaan diri bagi anak-anak mereka.

Dikatakannya, Pemkab sendiri tidak mematok target kelulusan tertentu, tapi lebih menekankan agar UN itu bisa berjalan lancar dan ''dengan semangat yang menjunjung tinggi kejujuran''.

Tahun 2011 lalu, kata dia kelulusan UN siswa SMA/SMK/MA  di Sleman mencapai 98,91 persen.

Dikatakan Arif, Dinasnya lebih akan memakai hasil UN ini untuk melihat disparitas jalannya proses pembelajaran di SMA/SMK di Sleman.

''Tentunya kami akan memberikan pembinaan dan bantuan bagi SMA/SMK yang jumlah kelulusan siswanya tak 100 persen,'' kata dia.

Bantuan itu, kata dia, bisa dilakukan melalui kegiatan pembinaan melalui petugas-petugas pembina sekola dari dinas, dan juga dengan memprioritaskan pelatihan-pelatihan untuk guru dari sekolah-sekolah tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement