Jumat 16 Mar 2012 16:36 WIB

Manajemen FIAT Temui Perdana Menteri Italia

FIAT 500
FIAT 500

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Para pimpinan puncak Fiat akan mendiskusikan rencana investasi masa depan dengan Perdana Menteri Italia Mario Monti pada hari Jumat, menyusul lemahnya pasar mobil di Italia yang dapat memaksa Fiat menutup pabrik lain di Italia.

Bos Fiat Sergio Marchionne dan John Elkann akan bertemu Menteri Tenaga Kerja Elsa Fornero dan Menteri Perindustrian Corrado Passera setelah pertemuan dengan Monti, kata Fornero kepada Senat hari ini.

Juru bicara perusahaan mengatakan para eksekutif Fiat kembali menegaskan rencana perusahaan menginvestasikan 2,5 miliar euro untuk renovasi pabrik di Italia.

Fiat akan membangun sebuah pabrik senilai  1 miliar euro di luar Napoli, tempat  mobil kompak Panda diproduksi. Di Turin, Fiat berencana untuk menginvestasikan 1,5 miliar euro untuk pabrik di daerah Mirafiori dan Grugliasco. Nantinya, pabrik itu akan memproduksi SUV kecil Alfa Romeo dan dua model Maserati.

Penurunan penjualan otomotif di Italia dan Eropa menyebabkan volume produsen otomotif seperti Fiat kehilangan uang di pasar besar di Eropa untuk menutupi pengeluaran. Fiat menutup pabrik di Sisilia tahun lalu. Tahun lalu, Fiat pernah berjanji akan menghabiskan  20 miliar euro dengan anak perusahaan Fiat Industri di Italia hingga 2014.

Menteri Fornero mengatakan manajemen Fiat telah meyakinkan pemerintah bahwa Fiat terus berkomitmen untuk meneruskan rencana industrinya.

Pertemuan itu nantinya akan menjadi  pertemuan resmi pertama Monti dengan Marchionne dan Elkann. Perdana Menteri itu akrab dengan Fiat karena dia pernah menjabat direktur pada tahun 1988-1993.

Monti merupakan teman keluarga Agnelli, pemegang utama saham Fiat. Monti juga menghadiri pernikahan John Elkann pada 2004.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement