Jumat 16 Mar 2012 14:39 WIB

Indonesia Sisakan Tiga Wakil di Swiss Open

Rep: Friska Yolandha/ Red: Hafidz Muftisany
Swiss Open
Foto: badmintonlink
Swiss Open

REPUBLIKA.CO.ID, BASEL -- Indonesia hanya menyisakan tiga wakil pada turnamen Swis Terbuka GP Gold di Basel, Swis. Di babak sebelumnya Indonesia masih memiliki delapan amunisi yang berjuang di kejuaraan tersebut. Padahal Indonesia menurunkan pemain-pemain lapis satu.

Hal ini jauh berbeda dibandingkan Cina, Korea, dan Jepang yang mengirimkan pemain lapis duanya, namun masih banyak yang bertahan. Cina misalnya, masih menyisakan delapan pemainnya, baik di sektor tunggal maupun ganda.

Di sektor tunggal, pejuang Indonesia tinggal Taufik Hidayat. Taufik lolos ke semifinal usai mengalahkan Du Pengyu dua gim langsung, 21-18 dan 21-15. Taufik optimis dirinya mampu mempertahankan peringkat jelang olimpiade. Saat ini Taufik berada di peringkat ke-12 dunia.Pada pertandingan selanjutnya Taufik akan bertemu pemain Korea, Shon Wan Ho.

Wakil indonesia di sektor ganda adalah ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Hendra Gunawan. Dari ganda campuran, Indonesia masih menyisakan juara All England 2012, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Alvent/Hendra masuk ke delapan besar usai mengalahkan Rupesh Kumar/Sanave Thomas, 21-16, 11-21, dan 21-14. Keduanya akan bertemu juara kualifikasi asal Malaysia, Goh V Shem/Teo Kok Siang.

Pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir menjadi wakil terakhir Indonesia di Swis Terbuka. Keduanya berhasil lolos melawan Anders Kristiansen dan Line Damkjaer Kruse pada pertandingan Kamis (15/3) malam waktu setempat.

Tontowi/Liliyana yang menang di gim pertama sempat kewalahan melawan pemain Denmark tersebut. Tontowi/Liliyana bahkan harus bermain sengit di gim kedua.

"Karena menang mudah di gim pertama, Towi agak kaget dengan pertahanan mereka di gim kedua. Akhirnya kami banyak melakukan kesalahan sendiri," ungkap Liliyana ketika ditanyai mengenai pertandingan melawan ganda Denmark.

Pada babak semifinal Tontowi/Liliyana akan bertemu pasangan Malaysia, Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying. Sebelumnya ganda campuran Malaysia ini mengalahkan pemain Jerman, Peter Kaesbauer dan Johanna Goliszewski, 21-16 dan 24-22.

Kekalahan menyakitkan dirasakan oleh pasangan Muhammad Rijal dan Debby Susanto. Ganda campuran Indonesia ini kalah atas He Hanbin dan Bao Yixin, 21-14 dan 21-14. Rijal/Debby dibantai dalam waktu kurang dari 30 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement