Senin 12 Mar 2012 17:46 WIB

Berkoalisi dengan Golkar, PPP Usung Alex-Nono

Rep: Esthi Maharani/ Red: Djibril Muhammad
Menteri Agama Suryadharma Ali.
Foto: Antara/Andika Wahyu
Menteri Agama Suryadharma Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum PPP, Suryadharma Alie menegaskan partainya mendukung pencalonan Alex Noerdin dan Nono Sampono dalam Pilgub DKI Jakarta. Ia mengatakan dalam pandangan umum, PPP menginginkan pergantian.

"Kan dulu PPP dukung Foke (Fauzi Bowo), sekarang gentian dong kita dukung yang lain," katanya saat ditemui di JCC, Senin (12/3).

Menurutnya, PPP tidak keberatan jika calon yang diajukan oleh partainya tidak 'lolos' dalam bursa pencalonan. Partainya, lanjut dia, lebih memandang persoalan yang dihadapi DKI Jakarta secara keseluruhan.

Persoalan di wilayah DKI Jakarta yang rumit dianggapnya bisa diatasi orang yang memiliki kemampuan yang memadai. "Kami melihat realitas, bukan hanya sekadar kapabilitas. Dan memang diperlukan wakil dari tentara," katanya menegaskan.

Ia pun menjelaskan konstelasi politik yang sempat berkembang. Kala itu, PPP menginginkan wakil gubernur yang diusung merupakan tentara yang asli betawi. Tetapi, ada persoalan administrasi yang tidak bisa dipenuhi yakni yang bersangkutan masih tercatat sebagai TNI aktif.

Akhirnya PPP memutuskan untuk berkoalisi dengan Partai Golkar dan mendukung pencalonan Alex-Nono sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Ia membantah jika koalisi dengan PG baru terjalin sekarang ini.

"Berkoalisi dengan Partai Golkar itu bukan hanya DKI Jakarta, di Gorontalo kita berkoalisi dengan Golkar, di Sulawesi Selatan kita juga berkoalisi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement