Kamis 08 Mar 2012 18:20 WIB

Banyak Genangan Air, Mobil Hybrid tetap Aman

Rep: agung sasongko/ Red: Taufik Rachman
Toyota Prius
Foto: blogspot
Toyota Prius

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Genangan air yang banyak ditemui saat ibukota atau daerah lain di Indonesia diterpa hujan, menjadi salah satu faktor lain mengapa konsumen berpikir dua kali untuk menjadikan kendaraan hybrid sebagai alternatif pilihan.

Ketakutan itu sangat wajar mengingat kendaraan hybrid terdapat elemen yang dianggap rentan "korslet" saat terkena air saat melibas genangan dalam perjalanan.

Technical Instructure, Toyota Astra Motor, Sidik Pambuko mengatakan kendaraan hybrid baik yang diproduksi Toyota atau pabrikan lain sudah didesain untuk mengatasi masalah itu. "Jadi, kondisi demikian sudah diperhitungkan. Sebabnya dapat dipastikan aman,"kata dia saat berbincang dengan republika.co.id, Kamis (8/3).

Menurut Sidik, pihaknya bahkan menjamin Toyota Prius, salah kendaraan hybrid yang diproduksi Toyota tetap aman meski harus menghadapi banjir seperti yang banyak terjadi di Indonesia.

"Kendaraan hybrid itu serupa dengan ketangguhan kendaraan konvensional dalam melibas genangan air. Tapi kalau airnya terlalu tinggi, maka sistem pengaman akan otomatis Hal yangmemutuskan arus," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement