Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Freeport Hentikan Sementara Kegiatan Produksi

Senin 27 Feb 2012 17:59 WIB

Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,PT Freeport Indonesia menghentikan sementara proses produksinya sejak Jumat (24/2) karena terjadi aksi intimidasi bahkan penganiayaan oleh para karyawan yang beberapa waktu lalu menggelar mogok kerja di Timika.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mimika Dionisius Mameyaudi Timika, Senin, membenarkan terhentinya proses produksi PT Freeport selama beberapa hari terakhir.

"Intimidasi yang dilakukan karyawan peserta mogok kerja terhadap rekan-rekan mereka tidak terjadi di seluruh areal kerja PT Freeport tapi hanya di beberapa titik sehingga manajemen yang menangani langsung di lapangan mengambil keputusan untuk menghentikan sementara aktivitas produksi," jelas Dionisius.

Ia mengatakan, hingga saat ini manajemen PT Freeport belum memberikan laporan secara resmi tentang situasi dan kondisi yang terjadi di lokasi perusahaan kepada Pemkab Mimika hingga memicu terhentinya aktivitas produksi perusahaan tambang emas, tembaga dan perak itu.

"Laporan secara resmi dari manajemen Freeport belum ada sehingga kami tidak tahu persis masalah apa yang terjadi, langkah-langkah apa yang sudah dilakukan untuk membangun komunikasi antara manajemen dengan karyawan," ujar Dionisius.

Terkait kondisi yang terjadi di lingkungan PT Freeport tersebut, Pemkab Mimika akan memanggil manajemen PT Freeport dan pihak Serikat Pekerja untuk menanyakan masalah yang terjadi dan berupaya mencari solusi bersama untuk menyelesaikannya.

Pertemuan yang difasilitasi Pemkab Mimika direncanakan berlangsung pada Kamis (1/3).

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA