Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Batas Waktu RI Protes ke Amerika, Diundur

Rabu 22 Feb 2012 21:00 WIB

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani

Minyak Sawit Mentah

Minyak Sawit Mentah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Batas waktu waktu bagi Indonesia untuk menanggapi kebijakan Amerika Serikat (AS) yang menolak produk crude palm oil (CPO) dan turunannya resmi diundur. “Deadline-nya diundur hingga 27 Maret mendatang,” kata Menteri Perdagangan, Gita Wiryawan, saat ditemui di kantor presiden, Rabu (22/2).

Sebelumnya, AS memberikan tenggat waktu sampai 27 Februari 2012  untuk menjelaskan secara rinci CPO milik Indonesia layak masuk dan diperdagangkan di sana. Menurutnya, saat ini pemerintah lewat kementerian terkait sedang melakuakn pembahasan dan penuntasan bahan agar dapat menjelaskan secara rinci mengenai CPO Indonesia.

Ia menegaskan, penjelasan itu akan segera diberikan kepada Amerika Serikat secara lebih komprehensif dan memadai. Gita juga optimis bisa memberikan penjelasan itu sebelum batas waktu yang ditentukan habis. “Saya rasa kita bisa penuhi deadlinenya,” katanya.

Seperti diketahui, terhitung 28 Januari lalu, AS resmi menolak produk CPO dan turunnya dari Indonesia. Alasannya, kelapa sawit Indonesia dinilai sebagai produk yang tidak ramah lingkungan. Pemerintah Indonesia punya tenggat waktu sampai 27 Februari untuk menanggapi kebijakan AS itu

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA