Rabu 22 Feb 2012 01:03 WIB

Stasiun Purworejo Siap Jadi Objek Wisata Sejarah

Stasiun Purworejo
Foto: panoramio.com
Stasiun Purworejo

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO---Stasiun Purworejo siap berkembang menjadi objek wisata sejarah.

"Stasiun Purworejo merupakan salah satu aset bangunan bersejarah PT KAI. Pemugaran tahap pertama telah selesai pertengahan Desember 2011, dan selanjutnya akan melakukan konservasi tahap dua berupa perbaikan lantai peron dan atap Stasiun Purworejo," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono.

Langkah ini diambil sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Tahun Kunjungan Jawa Tengah 2013. Terkait ini, Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT KAI pada 14 April 2012 akan menggelar kegiatan "Pasar Peron" di Stasiun Purworejo.

Menurut Surono, kegiatan yang digelar bersama Pemerintah Kabupaten Purworejo tersebut akan menampilkan berbagai hasil kerajinan, kuliner, dan kesenian tradisional setempat.

Ia mengatakan, Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT KAI juga akan mendatangkan KA Pustaka ke Stasiun Purworejo sehingga pengunjung dapat membaca berbagai koleksi buku yang disediakan kereta api perpustakaan ini.

Kegiatan 'Pasar Peron' ini direncanakan akan digelar sebulan sekali setiap minggu kedua pada hari Sabtu dan Minggu, katanya.

Stasiun Purworejo dibangun pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda 1887 dengan struktur bangunan berupa bahan beton setinggi delapan meter dan luas keseluruhan sekitar 848 meter persegi.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BPPP) Jateng telah memasukkan Stasiun Purworejo sebagai salah satu cagar budaya di Purworejo.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement