Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Terkubur dalam Salju, Pangeran Belanda Kritis

Sabtu 18 Feb 2012 06:32 WIB

Red: Endah Hapsari

John Friso

John Friso

Foto: mirror.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAAG---Pangeran Kerajaan Belanda Johan Friso berada dalam kondisi kritis namun stabil, setelah terkubur dalam longsoran salju di Lech, Austria barat, Jumat, kata Dinas Informasi Pemerintah Belanda (RVD).

Menurut pernyataan RVD tersebut, tim dokter belum dapat memberikan diagnosis terkait situasi Friso saat ini, mereka baru dapat melakukannya beberapa hari ke depan. "Kondisi kesehatannya stabil, tanpa bahaya kematian," kata RVD.

Kecelakaan terjadi di Litzen-Zugertobel, dekat kota Lech, tempat sang pangeran sedang bermain ski di luar lintasan. Dia terkubur di bawah longsoran salju pada siang hari, sementara rekan bermain skinya tidak mengalami luka.

Pangeran berusia 43 tahun itu diselamatkan oleh regu penyelamat setelah 15 menit dan berhasil disadarkan di lokasi kecelakaan. Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit Innbrusck dengan menggunakan helikopter, menurut laporan media setempat.

Dia kini berada dalam unit perawatan intensif (ICU), kata sejumlah laporan. Baru-baru ini, salju tebal yang menyelimuti Pegunungan Alpen di Austria meningkatkan peluang terjadinya longsor. Peringatan terjadinya longsor tingkat empat telah dirilis di sebagian wilayah tersebut.

Perdana Menteri Mark Rutte menanggapi insiden tersebut di Den Haag. "Saya baru saja berbicara dengan Ratu Beatrix dan mengatakan bahwa seluruh negeri menyampaikan simpatinya. Para dokter terbaik di Austria tengah merawatnya, marilah kita mengharapkan yang terbaik," katanya.

Wali kota Lech, Ludwig Muxel, mengatakan kepada televisi nasional Austria, ORF, Friso kemungkinan merupakan penyebab longsor itu sendiri. Sejumlah laporan di Austria juga mengatakan pangeran itu mengalami retak tulang tengkorak.

Johan Friso merupakan anak kedua dari Ratu Beatrix dan Pangeran Claus, serta adik dari Willem-Alexander, sang putra mahkota. Sejak pernikahannya dengan Mabel Wisse Smit pada 2004, yang dilakukannya tanpa meminta persetujuan parlemen, ia tidak lagi menjadi putra mahkota. Friso memiliki dua anak perempuan.

Keluarga kerajaan Belanda memiliki rumah berlibur di Lech dan sering berkunjung ke sana untuk bermain ski. Saat ini, Ratu Beatrix juga berada di Lech. Bersama dengan istri Friso, Mabel, ia kini berada di rumah sakit di Innsbruck.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA