Kamis 16 Feb 2012 10:30 WIB

Hati-hati, Alzheimer Berkembang Seperti Infeksi

Nenek penderita Alzheimer, ilustrasi
Foto: Blogspot
Nenek penderita Alzheimer, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON - Kerusakan otak yang disebabkan penyakit Alzheimer dapat menyebar seperti infeksi, dari satu sel otak ke sel otak lain. Demikian satu studi yang disiarkan para peneliti Amerika Serikat, Rabu (15/2).

Virus dan bakteri penyebab infeksi tapi Alzheimer bukanlah disebabkan oleh virus atau bakteri. Namun Alzheimer tampaknya menyebar dengan cara yang sama seperti virus dan bakteri pada infeksi, kata Claudio Soto, profesor neurologi di University of Texas Medical School di Houston, di dalam berita yang disiarkan oleh Texas Medical Center (TMC).

Mekanisme yang mendasari penyakit Alzheimer's "melibatkan protein normal yang menjadi cacat dan mampu menyebar dari satu sel saraf ke sel saraf lain dengan mengubah protein yang baik menjadi jahat", kata Soto.

"Protein buruk menumpuk di otak, membentuk timbunan plak yang diyakini dapat membunuh sel-sel syaraf pada Alzheimer's," ujarnya.

Tikus yang disuntik dengan jaringan otak penderita Alzheimer's mengembangkan potensi Alzheimer's dari waktu ke waktu sejalan dengan menyebarnya penyakit tersebut ke bagian lain otak. Para peneliti percaya bahwa penyakit lain otak dapat berkembang dengan cara yang sama, termasuk sapi gila dan bentuk manusianya, penyakit Creutzfeldt-Jakob.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement