Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Cetak Alquran Mushaf Al-Bantani, MUI Banten Siapkan Rp 7 Miliar

Selasa 14 Feb 2012 20:03 WIB

Red: Didi Purwadi

Ratu Atut Chosiyah (kiri), Gubernur Banten, membagikan Alquran Mushaf Al-Bantani kepada masyarakat.

Ratu Atut Chosiyah (kiri), Gubernur Banten, membagikan Alquran Mushaf Al-Bantani kepada masyarakat.

Foto: www.ratuatut.com

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Mejelis Ulama Indonesia Provinsi Banten menyiapkan anggaran Rp 7 miliar dari dana hibah APBD Banten 2012. Dana tersebut akan digunakan untuk mencetak Alquran mushaf Al-Bantani lengkap dengan terjemahannya.

Ketua MUI Provinsi Banten, Dr H AM Romly, mengatakan total dana hibah yang diberikan Pemprov Banten kepada MUI Banten pada 2012 sebesar Rp 9,5 miliar. Anggaran tersebut untuk pencetakan Alquran mushaf Al-Bantani senilai Rp 7 miliar. Sisanya Rp 2,5 miliar digunakan untuk bantuan operasional MUI provinsi, kabupaten/kota, serta kecamatan se-Banten.

"Mushaf Al-Bantani kali ini rencananya akan dicetak dengan terjemahannya. Mushafnya akan dihiasi ornamen kebudayaan Banten yang kental nuansa Islami," kata AM Romly usai pelantikan pengurus MUI Banten 2011-2016 di pendopo Gubernur Banten.

Penerbitan Alquran mushaf Al-Bantani awalnya digagas Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Ide tersebut terealisasi pada 2009. Namun, cetakan pertama mushaf Al-Bantani tidak dilengkapi terjemahan.

''Cetakan kedua akan dilengkapi terjemahan,'' katanya. ''Tujuannya agar masyarakat khususnya ummat muslim di Banten dapat memahami dan memaknai isi Alquran.''

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA