Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Kutil pada Sekitar Kelamin dan Hubungannya dengan Kanker Serviks

Ahad 12 Feb 2012 17:00 WIB

Red: Mohamad Afif

Kutil pada Sekitar Kelamin dan Hubungannya dengan Kanker Serviks

 

Pertanyaan :

Selamat Pagi Dokter, Apabila terdapat kutil pada kelamin dan sekitarnya, apa bisa memicu timbulnya kanker serviks ? Apa ada pengobatan untuk kutil pada kelamin ? Apa yang menyebabkan timbulnya kutil pada kelamin ?

Sehingga kita bisa mencegahnya, saya ucapkan terima kasih sebelumnya buat jawaban dan saran dari Dokter. Salam sejahtera.

Ani-32 tahun, Depok

 

Jawaban :

 

Kutil kelamin yang dikenal sebagai genital warts, merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPU) yang juga dapat menyebabkan kanker serviks. Ada lebih dari 100 jenis virus HPU, hanya 30 – 40 tipe HPV yang menyerang daerah kelamin.

HPV tipe 6 & 11 menyebabkan 90% kasus kutil kelamin. Jenis HPV penyebab utama kanker servicks yaitu 16 & 18. beberapa cara menghilangkan kutil kelamin, yaitu membakarnya dengan jarum listrik (kauter) atau laser, membekukannya dengan nitrogen cair, memotongnya dengan bedah dan mengobati dengan zat kimia.

Setelah diobati kutil dapat tumbuh kembali pada saat daya tahan tubuh menurun. Penggunaan kondom dan vaksinasi merupakan cara pencegahan kutil kelamin. Efek penggunaan kondom ini tidak bisa mencegah 100%, hanya dapat menurunkan resiko terkena penularan penyakit seksual.

Vaksin HPV dapat diberikan untuk usia perempuan mulai dari 9 tahun atau dapat diberikan bagi mereka yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Vaksin HPV diberikan dalam 3x suntikan yaitu bulan ke-0, ke-2 dan ke-6. Untuk deteksi dini kanker serviks dapat dilakukan papsmear.

 

dr. Sasa Khairunisa, SpKK

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

 

Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA