Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

Tuntutan Dipenuhi, Besok Aktivitas Buruh Kembali Normal

Jumat 27 Jan 2012 20:54 WIB

Rep: Ditto Pappilanda/ Red: Hafidz Muftisany

Pekerja demonstrasi melakukan aksi blokir jalan tol Jakarta-Cikampek, Cibitung, Jawa Barat, Jumat (27/1).  (Republika/Tahta Adilla)

Pekerja demonstrasi melakukan aksi blokir jalan tol Jakarta-Cikampek, Cibitung, Jawa Barat, Jumat (27/1). (Republika/Tahta Adilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan dipenuhinya tuntutan pekerja oleh pemerintah, mulai besok aktifitas pekerja dalam kembali normal. Keinginan pekerja yang dipenuhi harus diimbangi dengan peningkatan produktivitas kerja.

Koordinator Buruh Bergerak Bekasi, Obon Tabroni, menceritakan, proses dialog yang digelar antara Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Tenaga Kerja, Kementerian Perdagangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia dan kelompok buruh, berlangsung cepat.

"Pemerintah bicara ke depan bagusnya bagaimana, Apindo meminta, upah tinggi, maka produktivitas harus diikuti. Tadi di dalam enggak ada tarik ulur, proses negosiasi berlangsung cepat," urai Obon kepada wartawan disela-sela dialog di Gedung Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat (27/9) malam.

Selain itu,Obon bersyukur pemerintah juga akan menambah sejumlah komponen baru dari 46 komponen kebutuhan hidup layak yang diatur saat ini. Obon menyebutkan komponen baru yang akan diberlakukan paling lambat Juni nanti, diantaranya adalah kipas angin dan air minum galon yang selama ini tidak dimasukkan.

"Dengan selesainya kesepakatan ini, besok diharapkan pekerja kembali melakukan aktivitas, bekerja sebagaimana biasanya. Mari sama-sama kita membangun solidaritas dan kekompakan," ajak Obon.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA