Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Hindari Kemacetan Karena Demo, Inilah Jalurnya

Jumat 27 Jan 2012 16:00 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Hafidz Muftisany

Tol macet

Tol macet

Foto: bisnis jabar

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Anggota Petugas Jalan Raya (PJR) Purbaleunyi, Aiptu Sumarsono, mengatakan, sejak kemarin sudah ada himbauan kepada pengguna jalan tol supaya tidak melintasi Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di sekitaran KM 40. Pasalnya, akan ada aksi unjuk rasa buruh secara besar-besaran.

Bagi pengendara dari Bandung hendak ke Jakarta, sebaiknya melintasi kawasan Padalarang-Cianjur-Puncak (Bogor). Atau melewati Jonggol (Bekasi). Namun, bagi kendaraan yang jarak tempuhnya pendek, seperti hendak ke Purwakarta ataupun Karawang dan arah timur (Cirebon), harus keluar melalui GT Jatiluhur, GT Sadang, dan GT Cikopo.

"Namun, berdasarkan pantauan kami sepanjang Jumat siang belum ada kemacetan kendaraan yang parah di ruas Tol Cipularang," paparnya Jumat (27/1).

Arus lalu lintas dari Gerbang Tol Karawang Barat sampai ke jalur arteri Tanjung Pura-Karawang-Cikampek, terpantau masih normal. Sempat ada isu, bahwa sepanjang jalur arteri yang melintasi Karawang, akan terjadi penumpukan kendaraan. Dampak dari aksi demonstrasi buruh di wilayah Cikarang dan Bekasi, yang menutup ruas Tol Jakarta.

Selain di sekitaran Gerbang Tol Karawang Barat, arus lalu lintas di perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Karawang terlihat normal. Sepanjang Jumat siang, hilir mudik kendaraan yang melewati jalur arteri Tangjung Pura-Karawang terlihat seperti hari biasanya.

Pantauan serupa juga di ruas Tol Cipularang. Tidak terlihat, adanya penumpukan kendaraan di Gerbang Tol Jatiluhur dan Sadang. Bahkan, arus kendaraan yang melintasi tol ini tidak sebanyak pada saat hari normal.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA