Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Sejuta PNS Digembleng dengan Pelatihan ESQ

Jumat 13 Jan 2012 19:29 WIB

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Djibril Muhammad

Pegawai Negeri Sipil/PNS (ilustrasi)

Pegawai Negeri Sipil/PNS (ilustrasi)

Foto: www.antaranews.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Guna membangun mental pegawai negeri sipil (PNS), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menggembleng sedikitnya sejuta PNS dengan pelatihan ESQ.

Demikian disampaikan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan ESQ Character Building Tingkat I 'Personal Transformation Program' kelas eksekutif Angkatan 108 di Menara 165, Jakarta, Jumat (13/1).

"Saya sedang merumuskan pembinaan PNS dengan mengikuti Pelatihan ESQ, paling tidak sejuta PNS dari 4,7 juta total PNS," kata Azwar.

Pembinaan karakter bagi PNS, menurut dia, sangat penting untuk mewujudkan reformasi birokrasi yang bersih, kompeten, dan melayani. Karena itu, lanjut dia, pembinaan yang dilakukan bukan hanya meningkatkan fungsi kinerja saja, tapi juga emosional dan spiritual.

Untuk itu, papar Azwar, perlunya mengenal diri dan potensi sendiri yang semua itu bisa kita dapatkan melalui pelatihan ESQ. Pimpinan ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar Agustian mengatakan, total peserta ESQ yang tersebar di seluruh dunia mencapai 1,2 juta alumni.

Ary menjelaskan kalau pihaknya siap mendukung dan menyambut baik komitmen Azwar Abubakar, karena pembinaan karakter bagi PNS harus dilakukan dengan pelatihan yg sifatnya experencial training, yakni pelatihan yang mampu mengubah kultur dalam waktu cepat.

"ESQ telah mengembangkan model pelatihan seperti itu yang telah dirasakan jutaan alumni yang tersebar di Indonesia, Malaysia, Singapore, Amerika Serikat, Hongkong, Australia, Brunei, dan Belanda," ujar Ary.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA