Kamis 12 Jan 2012 20:16 WIB

Volvo Rintis Mobil Hybrid

Volvo XC60
Volvo XC60

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mobil konsep Volvo mengawali debutnya dengan teknologi plug-in hybrid di pameran mobil Detroit, AS.

Mobil konsep hybrid XC60 memiliki jangkauan hingga 600 mil dengan tenaga hybrid dan sekitar 35 mil dengan tenaga motor listrik. Kombinasi bahan bakar ekonomis itu lebih dari 50 mpg, kata Volvo.

Crossover hybrid memiliki mesin turbocharged 280-hp empat silinder dan mesin motor listrik 70-hp. Volvo mengatakan teknologi bensin hybrid akan digunakan dalam model yang akan dijual di Amerika Serikat dan China tetapi tidak mengatakan kapan atau mengidentifikasi model.

"Terlalu dini untuk mengatakan model pertama apa yang akan menjadi solusi fitur ini," kata CEO Volvo Stefan Jacoby dalam sebuah pernyataan. Sehingga teknologi dimasukkan ke model yang sudah ada

Volvo memproduksi mesin hybrid pertama untuk mesin diesel-listrik station wagon V60 Plug-in Hybrid yang akan dijual di Eropa tahun ini.

Dalam XC60 itu, mesin motor listrik itu berada di poros belakang dan didukung oleh paket baterai lithium ion yang terletak bawah lantai. Volvo mengatakan pengisian baterai memakan waktu 3,5 jam dengan tegangan 220-volt atau 7,5 jam menggunakan stopkontak 110-volt di rumah AS.

Konsep tenaga listrik menggunakan transmisi delapan kecepatan otomatis.

Mesin bensin merupakan bagian dari keluarga baru Volvo Environmental Achitecture empat-silinder. Mesin-mesin itu akan menggantikan semua mesin Volvo yang ada sekarang empat, lima dan enam silinder mulai 2013 atau 2014.

Eksekutif Volvo mengatakan perpindahan kecil mesin akan memiliki kekuatan dan kinerja dalam jangkauan saat ini.

"Dalam Konsep XC60 Plug-in Hybrid, kami mendemonstrasikan bahwa mesin empat silinder volvo menawarkan kinerja tinggi," kata Wakil Presiden Senior r&d Volvo Peter Mertens.

"Pada saat yang sama, konsumsi bahan bakar akan lebih rendah daripada mesin empat-silinder saat ini."

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement