Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Karena Batuk, Seorang Ibu Terbebas Kanker Ganas

Kamis 12 Jan 2012 06:45 WIB

Red: Dewi Mardiani

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang ibu di daerah Coventry, Inggris, terbebas dari kanker ganas setelah terbatuk saat mengendarai mobilnya. Saat itu, Claire Osborn (37 tahun) merasa tenggorokannya gatal, lalu terbatuk. Tiba-tiba, keluarlah jaringan berukuran tiga perempat inchi.

Menurut laporan Daily Mail, beberapa saat kemudian, Osborn pun mengambil jaringan yang berbentuk jantung dan berwarna kemerahan. "Saya tahu ada sesuatu yang salah. Jadi, saya langsung membawanya untuk diteliti," katanya dalam laman Daily Mail, beberapa jam yang lalu.

Setelah diteliti, terkuaklah bahwa jaringan tersebut adalah kanker agresif, metastatic adenocarcinoma. Kanker ini bermetastasis dari jaringan kelenjar yang terdapat di bagian belakang mulutnya.

Dokter pun mengatakan agar Osborn dikemoterapi untuk membunuh jaringan kanker yang dimungkinkan tersisa di sekitarnya. Dengan demikian, kemoterapi itu memberikan harapan hidup yang lebih besar bagi pasiennya. Namun, ketika dokter melakukan scan positron emisi tomography (PET) ke titik di mana ada kemungkinan terletaknya jaringan kanker itu, ternyata hasilnya tak ada apapun di sana.

"Mereka pun mengatakan kepada saya, 'Rupanya, anda telah mengeluarkan kankernya lewat batuk itu. Selamat, ya'. Saya sangat heran. Saya tak bisa percaya kalau batuk itu justru menyelamatkan nyawa saya," kata Osborn.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA