Sabtu 31 Dec 2011 19:49 WIB

Mau Hidup Sehat, Hilangkan Prasangka

Rep: agung sasongko/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Rasulullah SAW punya kiat tersendiri dalam menerapkan gaya hidup sehat. Beliau memulainya dengan menghindari prasangka (Su'uzan).

Pendiri Halimun Medical Center, Brilliantomo M Soenarwo menjelaskan prasangka merupakan biang segala penyakit. Sebabnya, Rasullah mengawali hidup sehat dengan menghindari prasangka.

"Kita itu paling suka prasangka. Misalnya, ada Muslim mengeluh terkena bencana padahal ia telah banyak memberikan sumbangan kepada yang tidak mampu. Hal ini menunjukan ia tidak percaya kepada kuasa Allah SWT. Wal hasil, gara-gara itu kita jatuh sakit," kata dia saat berbincang dengan Republika dalam acara diskusi Dzikir Nasional 2011 bertajuk "Sehat Ala Rasullah" di Masjid At-Tin, Jakarta, Sabtu (31/12).

Hal lainnya, kata Brilliantono, umat Islam masih gemar berkata negatif. Misalnya sumpa serapah. Padahal, berkata negatif akan berdampak negatif pula kepada tubuh kita. "Jangan salah lho, berkata negatif itu memiliki konsekuensi negatif. Utamanya pada kondisi psikologis. Selanjutnya, akan berdampak pada fisik," pungkasnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement