Rabu 07 Dec 2011 07:25 WIB

Nyanyi Yuk, Biar Nggak Cepat Pikun

Rep: dwi murdaningsih/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ada cara yang menyenangkan untuk mencegah penurunan fungsi otak. Baru-baru ini ilmuwan menemukan bahwa melakukan aktivitas sederhana seperti bernyayi, bermain teka-teki dan bowling bisa menghambat penurunan fungsi otak (demensia). Mereka yang rutin melakukan aktivitas ini diduga bisa membuat otak lebih 'awet muda' dibandingkan dengan orang yang hanya mengandalkan obat anti-demensia saja.

Aktivitas yang dilakukan selama dua jam ini bisa sebagai alternatif terapi penderita demensia ringan sampai sedang. Para peneliti mengambil kesimpulan ini setelah mempelajari efek dari program yang dirancang khusus pada penduduk dengan berbagai tingkat demensia di panti jompo di Bavaria. Mereka membandingkan orang-orang yang rutin melakukan aktivitas ini dan mereka yang biasa mengkonsumsi obat anti demensia.

Dampak aktivitas ini cukup membawa perubahan yang signifikan.  Pemimpin peneliti itu, Elmar Graessel mengatakan aktivitas dilakukan secara rutin, akan membawa efek yang sama baiknya dengan mengkonsumsi obat pencegah pikun atau inhibitor cholinesterase.

Hal itu menegaskan teori bahwa menjaga otak tetap aktif merupakan cara efektif membantu menjaga kesehatan. Aktivitas ini bisa menghambat demensia setidaknya hingga satu tahun.

"Efek kemampuan mereka untuk melakukan tugas sehari-hari dua kali lebih baik dibandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi obat pencegah demensia," ujar dia. Hasil penelitian telah diterbitkan dalam jurnal BioMedical Central.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement