Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

SEA Games Usai, Pedagang Pempek Kebanjiran Pesanan

Rabu 23 Nov 2011 07:27 WIB

Red: Stevy Maradona

Pempek Palembang

Pempek Palembang

Foto: Permatajaya.wordpress.com

REPUBLIKA, PALEMBANG--Pengelola sejumlah kios dan toko pempek, makanan khas Palembang, Sumatera Selatan, membuka usahanya lebih awal dari hari biasa, untuk melayani peserta SEA Games ke-26 yang akan pulang ke daerah dan negara asal masing-masing, Rabu.

Pedagang pempek yang pada hari biasa mulai melayani pembeli pukul 09.00 WIB, mereka membuka usahanya lebih awal menjadi pukul 07.00 WIB. Mereka melayani baik pembeli yang akan langsung menyantap pempek di tempat itu maupun pembelian dalam bentuk paket untuk dibawa pulang para peserta SEA Games ke-26, usai pesta olahraga dua tahunan itu yang ditutup oleh Wakil Presiden Boediono, Selasa (22/11) malam.

Cek Inten, seorang pedagang pempek di kawasan Kertapati mengaku berupaya memberikan layanan terbaik kepada para peserta SEA Games yang akan membawa oleh-oleh makanan khas daerah itu ke tempat asal mereka dengan membuka tokonya lebih awal daripada hari biasanya.

Ia mengatakan, sejumlah peserta SEA Games telah memesan pempek untuk dibawa pulang sejak tiga hari terakhir dengan pengambilan bisa dilayani pada Rabu pagi.

"Agar makanan tersebut bisa langsung dibawa sebelum mereka ke bandara dengan tetap dalam kondisi baik ketika sampai ke daerah asal mereka," katanya. Para pembeli, katanya, selain peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia, juga beberapa negara di Asia Tenggara.

Ia menjelaskan, guna melayani pemesanan paket pempek tersebut, pihaknya menambah produksi dari hari biasa. "Biasanya kami memproduksi sekitar tiga ribu butir pempek, kini ditingkatkan hingga tiga kali lipatnya. Alhamdulillah berkah SEA Games ini dapat meningkatkan penghasilan kami sebagai pedagang makanan khas daerah ini," ujar dia.

Candy, seorang pelayan di kios pempek terkenal di Palembang, juga mengaku, telah siap melayani pembeli sejak sekitar pukul 07.00 WIB, terutama pada Rabu karena banyak pembeli yang para peserta SEA Games, yang akan kembali ke tempat asal masing-masing.

"Jam 07.00 pagi kami sudah buka dan siap melayani pembeli," ujarnya.

Pada Selasa (22/11), peserta SEA Games ke-26 antara lain para atlet, ofisial, termasuk para wartawan peliput yang sudah mulai berkurang aktivitasnya menjelang penutupan pesta olahraga negara Asia Tenggara itu, tampak aksi borong pempek dan kerajinan khas daerah berupa kain tenun songket, hiasan dinding songket, dan kain setelan jumputan pelangi.

Pusat pembuatan dan penjualan aneka makanan khas daerah di kawasan Kertapati dan Kapten A. Rivai Palembang tampak "diserbu" pembeli.

Selain itu, kawasan pusat penjualan kain tenun songket dan cendera mata di Tangga Buntung dan Pasar 16 Ilir Baru, tidak luput dari "serbuan" peserta SEA Games yang akan meninggalkan Kota Palembang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA