Rabu 16 Nov 2011 11:31 WIB

Mau Nonton SEA Games di Jakabaring? Jangan Nekat Bawa Rokok

Rep: Maspriel Aries/ Red: Stevy Maradona
Seorang petugas memasang spanduk larangan merokok di area pertandingan SEA Games 2011.
Foto: Republika/Imam Budi Utomo
Seorang petugas memasang spanduk larangan merokok di area pertandingan SEA Games 2011.

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG - Anda ingin menonton pertandingan Sea Games XXVI di komplek Jakabaring Sport City (JBC), disarankan jangan membawa rokok. Pasca bobolnya komplek JBC dengan masuknya kendaraan bermotor yang menggunakan BBM, kini petugas di pintu gerbang melarang penonton membawa rokok ke dalam komplek.

Petugas di pintu gerbang utama JBC sudah memeriksa pengunjung yang akan masuk. Jika sebelumnya hanya korek api yang tidak boleh dibawa masuk, maka kini rokok juga tidak boleh dibawa masuk oleh penonton dan pengunjung. Rokok dan korek api harus tinggal di dalam kotak yang sudah disiapkan.

“Pemeriksaan dan larangan membawa masuk rokok sudah berlaku sejak kemarin. Untuk korek api memang dilarang dibawa masuk sejak saat pembukaan,” kata seorang petugas jaga, Rabu (16/11).

Petugas dan satgas komplek JBC mengambil tindakan tegas melarang membawa rokok bagi pengunjung termasuk panitia juga terkena larangan tersebut karena sesuai instruksi Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dan Walikota Palembang yang menjadi kawasan JBC sebagai wilayah bebas polusi dari asap kendaraan bermotor dan juga kawasan bebas asap rokok.

Sebelumnya sejak pembukaan banyak ditemukan buangan punting rokok tersebar di sekitar venues pertandingan juga sering dijumpai pengunjung termasuk panitia yang berkumpul merokok di luar venues.

 “Rokok yang terkumpul di sini tidak kita ambil, hanya dititipkan sementara selama memasuki kawasan Jakabaring, kalau keluar nanti silahkan ambil kembali, ” kata salah satu anggota polisi yang bertugas di pintu gerbang KBC.

 Sementara itu sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Gema Asiani menjelaskan,  pemberlakuan kawasan bebas asap rokok pada arena Sea Games yang ada di komplek JBC atau di kawasan Kampus, Palembang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement