Selasa 25 Oct 2011 17:27 WIB

Telkomsel Startup Bootcamp, Jalur Cepat Go Global

Peluncuran Telkomsel Startup Bootcamp di Jakarta
Peluncuran Telkomsel Startup Bootcamp di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID,Telkomsel hari ini mengumumkan pembukaan program inkubator pertama dan terdepan: ”Telkomsel Startup Bootcamp” untuk para penggiat bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang kreatif serta inovatif agar dapat mewujudkan impian menjadi pebisnis berbasis dunia digital atau teknoprener yang kompetitif.

Bermitra bersama SingTel Innov8 dan The Joyful Frog Digital Incubator (JFDI), Telkomsel akan menggelar “Telkomsel Startup Bootcamp” mulai tanggal 18-20 November 2011 di Jakarta. Workshop 3 hari ini akan menjadi ajang pelatihan bagi 100 peserta calon teknoprener muda dan pemula bisnis digital Indonesia untuk bersaing di level global dengan memberikan pengetahuan serta bimbingan intensif dari mentor-mentor yang merupakan ahli dalam aneka industri.

Peserta workshop akan dibagi dalam kelompok beranggotakan 3-5 orang. Masing-masing kelompok akan berkompetisi melalui presentasi rencana bisnis yang inovatif. Tim yang memenangkan kompetisi akan mewakili Indonesia dalam program JFDI-Innov8 2012 Bootcamp intensif selama 100 hari di Singapura. Program lanjutan ini dimulai bulan Januari hingga April 2012 dimana peserta diminta mengimplementasikan rancangan prototipe bisnis berbasis digital yang sebelumnya masih dalam bentuk proposal presentasi.

Telkomsel menyediakan apresiasi sebesar S$ 30.000 kepada tim yang akan mewakili Indonesias di JFDI-Innov8 2012 Bootcamp untuk mendukung implementasi dari rencana bisnis yang dibuat. Pada akhir program ini, 15 tim dari berbagai negara akan berlomba mempresentasikan hasil pengembangan rencana bisnis mereka di hadapan ratusan investor dari seluruh dunia.

“Sebagai operator seluler yang dipercaya oleh lebih dari 105 juta pelanggan di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk selalu berupaya mengangkat potensi para calon wira usaha muda bidang TIK atau teknoprenur, khususnya dari komunitas digital agar dapat menunjang kebutuhan masyarakat Indonesia akan layanan telekomunikasi ter-update. Melalui kompetisi bertaraf internasional meliputi Regional Asia Pasifik, Telkomsel juga ingin membantu insan kreatif digital Tanah Air agar mampu bersaing serta memiliki nilai kompetitif yang tinggi di tataran global. Komitmen ini kami tuangkan dengan membawa pelatihan kelas dunia ke Tanah Air,” ujar Ririn Widaryani, Deputy VP Product Lifecycle Management Telkomsel.

Yvonne Kwek, CEO Singtel Innov8 menyampaikan, “Kami gembira bermitra dengan Telkomsel dalam menjalankan program Telkomsel Startup Bootcamp ini. Pemenang Bootcamp ini akan memperoleh pengalaman yang luar biasa dalam mengkristalkan dan menguji-cobakan ide-ide gemilang yang dimiliki serta kesempatan untuk memperolah akses dana awal untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Kami dan Telkomsel juga ingin memainkan peran dalam membina para tim muda ini dengan memfasilitasi mereka untuk mendapatkan akses pasar yang strategis bagi aplikasi digital dan jasa inovatif mereka untuk jutaan penduduk Asia Pasifik.”

Program Telkomsel Startup Bootcamp terbuka untuk 100 partisipan yang memiliki rencana ide bisnis berbasis digital. Program ini terbuka untuk mahasiswa dan karyawan yang berminat untuk membangun usaha sendiri. Media dan kelompok usaha kecil juga diharapkan dapat bergabung. Partisipan yang mengikuti workshop ini akan membaur dengan perserta lain dari berbagai disiplin ilmu baik individu yang mempunyai naluri bisnis maupun yang mempunyai kemampuan teknis aplikatif.

Untuk memastikan kualitas Bootcamp selama tiga hari tersebut, Telkomsel mendatangkan ahli di bidang  startup bisnis digital yang berperan sebagai mentor dan membimbing masing-masing kelompok,  membangun produk, serta memberikan saran di luar produk seperti manajemen keuangan,  marketing, rencana investasi  hingga rancangan struktur organisasi. Akan dihadirkan pula pembicara ternama  dan juri berpengalaman di bidang startup digital.

Untuk mendaftar sebagai peserta ataupun mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Telkomsel Startup Bootcamp, peminat dapat melihat melalui website www.telkomsel.com/startupbootcamp. Pendaftaran dibuka hari ini hingga tanggal 11 November 2011.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement