Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Belum Periksa Hewan Kurban

Senin 24 Oct 2011 18:25 WIB

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Chairul Akhmad

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Sejak lima hari yang lalu, pedagang hewan kurban musiman sudah mulai memenuhi lahan-lahan kosong di sekitar Kota Tangerang. Berdasarkan pantauan, lapak hewan kurban tampak di Cipondoh, Tangerang dan Pinang.

Salah satu pedagang hewan kurban musiman yang terletak di lapangan samping Lembaga Pemasyarakatan (LP) Pemuda, Tangerang, Budi, mengaku baru mulai berjualan sejak empat hari lalu, Senin (24/10).

Budi khusus menjual kambing kurban. Ia menjual 50 ekor kambing yang berasal dari Garut. Ia mengaku kambing-kambing yang dijualnya telah memperoleh surat keterangan sehat dari Dinas Peternakan Garut.

Demikian juga dengan Farji yang khusus menjual sapi kurban. Farji mendatangkan sapi-sapinya dari Solo. Jumlahnya 39 ekor. Senada dengan Budi, ia juga mengatakan sapi yang dijualnya telah dinyatakan sehat oleh dinas peternakan daerah asal.

"Kami belum melakukan pemeriksaan hewan kurban di lapak-lapak," kata Kepala Seksi Penyakit Hewan Dinas Pertanian Kota Tangerang, Ibnu Ariefyanto, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (24/10).

Menurutnya, lapak hewan kurban baru saja bermunculan. Ia mengaku akan segera melakukan pemeriksaan dalam minggu-minggu ini.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA