Selasa 11 Oct 2011 08:00 WIB

Restitusi Pulsa Hingga Rp 300 Juta per Bulan

Pelanggan Telkomsel tegah menikmati layanan
Pelanggan Telkomsel tegah menikmati layanan

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA--Telkomsel akan memberikan perlindungan kepada para pelanggan. Telkomsel akan menindaklanjuti setiap pengaduan terkait kasus hilangnya pulsa pelanggan.

Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno menegaskan, Telkomsel memberikan perlindungan kepada konsumen pengguna jasa telekomunikasi selular atas maraknya berbagai kasus hilangnya pulsa pelanggan oleh layanan content provider. Hal ini dibuktikan dengan ditindaklanjuti setiap pengaduan yang masuk ke Telkomsel.

'' Hingga kini telah menerima berbagai keluhan pelanggan melalui layanan bebas pulsa 111, 116, dan via SMS 1166, via email [email protected], maupun datang langsung ke kantor layanan GraPARI. Mekanisme restitusi berjalan dengan transparan. Telkomsel telah memberikan restitusi senilai Rp 300 juta sebulan kepada pelanggannya,'' kata Sarwoto.

Terdapat 700 layanan content di Telkomsel dengan tiga mekanisme registrasi opt-in, dual click principle, dan time sensitive service. Opt-in yaitu registrasi dilakukan hanya jika pelanggan melakukan tindakan secara sukarela. Dual click, yaitu proses konfirmasi dan rekonfirmasi. Sedangkan Time Sensitive Service, yaitu mekanisme pemberitahuan melalui notifikasi sebelum perpanjangan layanan.

Sehingga setiap proses yang ada memberi kesempatan kepada pelanggan untuk mempertimbangkan keputusannya.  Demikian pula ketika pelanggan akan berhenti berlanggan Telkomsel cukup dengan single click, tanpa rekonfirmasi layanan akan berhenti. Semua terminologi yang berhubungan dengan UNREG, seperti QUIT, STOP, atau kata-kata yang bisa diasosiasikan dengan berhenti berlangganan akan dieksekusi berhenti.

Industri kreatif Content Provider berkembang pesat di Indonesia seiring berkembangnya teknologi selular. Lebih dari 460 mitra telah menjalin kerjasama dengan Telkomsel dan memberikan kontribusi sekitar 7% dari total revenue Telkomsel.  Termasuk di dalamnya individual content yang berasal dari kalangan mahasiswa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement