Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Sulsel Segera Punya Transportasi Kereta Api

Senin 03 Oct 2011 12:09 WIB

Rep: Agus Yulianto/ Red: Ismail Lazarde

Kereta Api/Ilustrasi

Kereta Api/Ilustrasi

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASAR -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan segera membangun moda transportasi massal kereta api. Angkutan umum yang saat ini hanya ada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera itu akan merambah Pulau Sulawesi dalam waktu dekat.


“Segala sesuatunya sedang dipersiapkan,” kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo kepada //Republika//, Senin (3/10). Gubernur ditemui usai acara open house Serealia di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.


Pemilihan moda transportasi kereta, kata Syahrul Yasin, ditujukan untuk mengindari terjadinya kemacetan di ruas jalan raya. Apalagi tingkat kepemilikan kendaraan bermotor roda dua dan empat di Sulsel sudah sangat tinggi.


“Tiap keluarga di Sulsel ini minimal punya sepeda motor,” katanya. Namun sisi baik dari tingginya kepemilikan kendaraan bermotor berarti pula indikasi semakin baiknya kesejahteraan masyarakat Sulsel.


Bila pada tiga tahun lalu pendapatan masyarakatnya hanya Rp 9 juta per bulan, kata Syahrul Yasin, maka saat ini sudah bisa mencapai Rp 15 juta. "Ini karena hasil pertanian jagung dan komoditas lainnya cukup berhasil," katanya.


Ihwal kesiapan pembangunan moda transportasi kereta api, Syahrul Yasin menyatakan, pemerintah provinsi sedang membahas semua kebutuhan menyangkut proyek termasuk anggaran pembelian kereta dan pembangunan jalan relnya.

“Kalau beli keretanya hanya Rp 17 miliar, tapi pembangunan relnya itu yang mahal karena bisa Rp 1 miliar per kilometer," kata Syahrul Yasin.

Untuk itu, Pemprov Sulsel berharap dukungan dari pemerinath pusat menyangkut pengembangan moda transportasi kereta api di daerahnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA