Jumat 30 Sep 2011 11:11 WIB

Cegah Terorisme Butuh Peran Aktif Masyarakat

Rep: M Akbar Widjaya/ Red: Chairul Akhmad
Para petinggi TNI, Polri dan BIN menggelar rapat koordinasi dalam rangka penanggulangan terorisme di Indonesia.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Para petinggi TNI, Polri dan BIN menggelar rapat koordinasi dalam rangka penanggulangan terorisme di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Masyarakat harus menggalakkan kembali program pengamanan lingkungan seperti Siskamling. Hal ini agar tindak kejahatan seperti terorisme maupun aksi kriminal lainnya bisa cepat dideteksi.

Demikian disampaikan Komandan Distrik Militer 0606 Kota Bogor, Letkol Kav Sinyo, kepada wartawan usai acara silaturahmi tokoh masyarakat di Aula Mako Polres Bogor Kota. "Dibutuhkan peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan untuk menghalau terorisme maupun tindak kriminal lainnya," katanya, Kamis (30/9).

Sinyo mengatakan kewaspadaan masyarakat memainkan peran penting dalam meredam aksi-aksi kejahatan. Dia mengimbau setiap individu bisa saling menjaga kemanan diri dan lingkungannya dengan cara saling memperingatkan satu sama lain bila ada potensi kejahatan.

Menurut Sinyo, masyarakat merupakan pihak yang paling mengerti bila ada gejala-gejala mencurigakan di lingkungannya. Dia meminta masyarakat untuk segera melapor kepada TNI maupun Polri bila menemukan sesuatu yang tidak beres di lingkungannya.

Hal ini agar masyarakat tidak sampai dirugikan oleh aksi kejahatan lantaran terlambat mencegah. "Kita semua harus mengedepankan tindakan preventif agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Jajaran TNI dan Polri, lanjut Sinyo, terus berupaya mengoptimalkan pelayanan keamanan di masyarakat dengan meningkatan frekuensi patroli. TNI dan Polri juga terus berusaha merangkul masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Bogor. Dia berharap Bogor sebagai salah satu kota tujuan wisata terbebas dari aksi teroris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement