Selasa 20 Sep 2011 12:12 WIB

Pengidap Skizofrenia Enam Kali Lebih Rentan Menderita Epilepsi

Rep: Friska Yolandha/ Red: cr01
Penderita skizofrenia (ilustrasi).
Foto: AP
Penderita skizofrenia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TAICHUNG – Orang yang memiliki penyakit skizofrenia enam kali lebih rentan terhadap epilepsi. Sebuah studi di Taiwan menemukan hubungan yang kuat antara kedua penyakit ini.

 

Seorang peneliti mengatakan, hal ini bisa disebabkan oleh genetik, faktor neurobiologis, atau lingkungan. Studi ini diikuti sekitar 16 ribu pasien dengan epilepsi dan skizofrenia pada 1999 dan 2008.

 

Penelitian ini menggunakan data dari Asuransi Kesehatan Nasional Taiwan dan dipimpin oleh peneliti dari Rumah sakit Universitas Medis di Taichung. Seorang ahli epilepsi mengungkapkan penelitian ini sangatlah menarik.

 

Dalam studi ini, peneliti menemukan sebanyak 5.192 pasien mengidap skizofrenia, sementara 11.527 mengidap epilepsi. Hal ini didiagnosis selama periode sembilan tahun.

Temuan menunjukkan indikasi epilepsi terhadap pengidap skizofrenia adalah 699 per seribu orang setiap tahun. Dibandingkan dengan non-skizofrenia hanya 119 orang. Indikasi skizofrenia pada orang yang mengidap epilepsi adalah 353 per seribu orang setiap tahunnya, sedangkan yang tidak mengidap epilepsi hanya 46.

 

Pada penelitian ini juga menunjukkan kadar skizofrenia pada pria lebih tinggi dibandingkan wanita.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement