Masjid Agung Bandung Bagikan 3.000 Amplop Zakat Fitrah

Rep: Friska Yolandha/ Red: cr01

 Selasa 30 Aug 2011 19:07 WIB

Masjid Agung Bandung Foto: parasphoto.wordpress.com Masjid Agung Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Lebih dari tiga ribu kepala akan menerima zakat fitrah malam ini, Senin (30/8), di Masjid Agung Bandung. Pembagian zakat fitrah ini dilakukan setiap tahun pada malam takbiran.

Sampai hari ini sudah 2.430 jiwa membayarkan zakat fitrahnya di Masjid Agung Bandung. Jumlah ini terhitung sejak awal Ramadhan. Total zakat fitrah yang terkumpul adalah sebanyak Rp 145.694.000. Setiap warga yang mampu wajib membayar zakat per orang Rp 20.000. Pembagian zakat malam ini tidak dilakukan dengan sistem kupon.

Menurut Kepala Tata Usaha Masjid Agung Bandung, Atang Wahyudi, sistem kupon ini sudah pernah dilakukan dan dirasa tidak kondusif. "Nanti malam yang datang ke masjid yang menerima zakat," ujarnya ketika dihubungi Republika, Senin (30/8).

Atang memperkirakan penerima zakat akan meningkat pada tahun ini. Tahun lalu saja mereka menerima sekitar 3.000 orang. Kemungkinan malam ini, masjid yang berada di alun-alun Kota Bandung ini akan memberikan kepada lebih dari tiga ribu orang.

Zakat nantinya hanya akan diberikan kepada warga yang hadir ke Masjid Agung malam ini, sesuai jumlah kuota zakat. Zakat yang diberikan hanya berupa uang, tidak dengan tambahan bahan makanan.

Atang mengharapkan kesadaran para warga yang memang mampu untuk tidak mengambil jatah zakat. Baginya akan sulit sekali untuk mengontrol pembagian zakat karena tidak mungkin melarang-larang orang datang ke masjid. "Ya sadar sendirilah. Zakat itu dibagikan untuk orang yang tidak mampu," tegasnya.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X