Sepekan Jelang Lebaran, Petugas Periksa Kesehatan Sopir

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

 Kamis 18 Aug 2011 17:14 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG - Petugas Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Tangerang, Provinsi Banten, bersama aparat Dinas Kesehatan setempat memeriksa kesehatan para sopir angkutan mudik sepekan menjelang Lebaran 2011.

"Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan sepekan menjelang Lebaran 2011 dengan alasan agar pemudik dapat selamat ke tempat tujuan," kata Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Tangerang, Gatot Suprijanto ditemui Kamis (18/8).

Dia mengatakan, sepekan menjelang Lebaran itu tingkat kepadatan arus mudik mulai terasa dan dibutuhkan kondisi yang prima bagi pengemudi supaya pemudik selamat sampai ke kampung halaman masing-masing.

Menurut dia, bila sopir tidak sehat ketika mengendarai, maka dapat berakibat terhadap keselamatan penumpang, apalagi jarak tempuh kendaraan mencapai ribuan kilometer.
Pihaknya berharap semua sopir bus terutama antar kota antar provinsi memenuhi kriteria sehat sesuai pemeriksaan medis.

Selain kesehatan sopir, pihaknya juga melakukan pemeriksaan fisik terhadap kendaraan agar laik jalan dan tidak mengalami kerusakan fatal selama dalam perjalanan. "Jika kendaraan tidak laik jalan, maka dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan, dan hal itu tentunya tidak diharapkan bagi semua pihak," katanya.

Untuk memastikan itu, menjelang berangkat petugas akan memeriksa ulang kesehatan sopir. Bagi yang belum siap atau kondisi kesehatan menurun maka secepatnya dicarikan penganti.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X