Senin 01 Aug 2011 08:09 WIB

Salip Ibukota Jakarta, Gorontalo Terapkan KTP Elektronik

Red: cr01
KTP Elektronik
Foto: e-ktp.com
KTP Elektronik

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO – Kabupaten Gorontalo mulai menerapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, e-KTP, menyusul setelah dilatihnya 86 petugas yang akan melayani masyarakat di daerah itu.

Sekertaris Kabupaten Gorontalo, Khadijah Tayeb, mengatakan bimbingan teknis bagi 86 petugas tersebut, dimaksudkan untuk memantapkan sistem yang akan digunakan pada KTP elektronik. "Pemerintah daerah mulai menerapkan sistem ini pada mulai 1 Agustus tahun ini," kata Khadijah, Ahad (31/7).

Menurut Khadijah, para petugas yang telah dilatih tersebut, nantinya akan melayani masyarakat di seluruh Kecamatan, khususnya dalam melakukan sosialisasi, pendampingan teknis, pemantauan kelayakan tempat pelayanan, pengaturan sistem pelayanan, serta melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa.

"Kebijakan ini dilakukan agar layanan KTP elektronik di Kabupaten Gorontalo dapat berlangsung efektif, efisien dan sesuai dengan tahapan dan target yang telah ditentukan," ujarnya.

Pemerintah Daerah Gorontalo berjanji akan melakukan sosialisasi terkait pembuatan e-KTP secara maksimal. Apalagi manfaat KTP elektronik, adalah tersusunnya data base kependudukan yang akurat di seluruh tingkatan wilayah.

Selain itu, kata Khadijah, e-KTP bisa berlaku secara Nasional, dan memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat pengguna dalam mengurus administrasi dalam bentuk apa pun. "Penerapan KTP ini bisa menjangkau seluruh penduduk di seluruh wilayah, dan bisa dirampungkan akhir 2012 nanti," tandasnya.

Masyarakat Kabupaten Gorontalo tak perlu ragu terhadap adanya KTP ganda dan palsu dengan diterapkannya KTP elektronik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement