Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Emron Pangkapi Calon Sekjen PPP?

Jumat 08 Jul 2011 19:54 WIB

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pengamat politik dari Lembaga Survei Indonesia Burhanuddin Muhtadi memperkirakan Suryadharma Ali yang terpilih kembali sebagai Ketua Umm Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) akan memilih Emron Pangkapi atau Hasrul Azwar menjadi sekretaris jenderal.

"Saya kira, Pak Suryadharma akan mempertimbangkan beberapa kriteria untuk memilih figur yang akan menduduki jabatan sekretaris jenderal," kata Burhanuddin Muhtadi, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, kriteria itu antara lain adalah konvensi yang telah terbentuk di internal PPP selama ini yakni mengakomodasi unsur-unsur menyokong partai.

Berdasarkan sejarahnya, kata dia, PPP merupakan fusi dari beberapa partai Islam, yakni Nahdlatul Ulama (NU), Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi), dan Sarikat Islam (SI).

"Penyokong terbesar di PPP adalah NU da Parmusi, sehingga yang menduduki jabatan ketua umum dan sekretaris jenderal di PPP selama ini dari dua unsur tersebut," katanya.

Dengan pertimbangan tersebut, Burhan menilai, figur yang kemungkinan akan menduduki jabatan sekretaris jenderal adalah Emron Pangkapi dan dan Hasrul Azwar yang berasal dari Parmusi, karena Suryadharma berasal dari NU.

Figur lainnya yang cukup layak, kata dia, yakni Lukman Hakim Saefuddin dan Muhammad Romahurmuziy, tapi cukup sulit untuk menduduki jabatan sekretaris jenderal karena sama-sama berasal dari NU.

Pertimbangan lainnya, Menurut Burhan, Emron Pangkapi dan Hasrul Azwar, banyak memberikan dukungan kepada Suryadharma Ali mulai dari sosliasisasi dan konsolidasi kader ke berbagai daerah, menyiapkan pelaksnaan muktamar, hingga proses pemilihan ketua umum.

Ditanya, dari nama tersebut mana yang lebih berpeluang untk menduduki jabatan sekretaris jenderal, Burhan mengatakan, dengan pertimbangan tidak rangkap jabatan, maka Emron Pangkapi lebih berpeluang.

Menurut dia, Hasrul Azwar saat ini adalah angota DPR RI dan mendudki jabatan sebagai Ketua Fraksi PPP DPR RI, sedangkan Emron Pangkapi tidak menjadi anggota DPR RI.

"Dengan pertimbangan tersebut, jika Emrom Pangkapi dipilih sebagai sekjen PPP maka akan lebih maksimal menjalankan tugas dan fungsi partai," kata Burhan.
Ketua Umum DPP PPP terpilih Suryadharma Ali bersama delapan anggota formatur akan bekerja selama dua pekan untuk menyusunan nama-nama pengurus DPP PPP periode 2011-2016 selama dua pekan sejak 7 Juli 2011.

Suryadharma Ali yang juga Menteri Agama terpilih menjadi Ketua Umum DPP PPP untuk periode keduanya dalam Muktamar VII PPP di Bandung 3-7 Juli lalu.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA