Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Bebas Macet dan Berpendingin, Transjakarta Tetap Favorit Warga Jakarta

Selasa 21 Jun 2011 18:14 WIB

Red: Krisman Purwoko

Antrean di terminal busway

Antrean di terminal busway

Foto: dok republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Panjangnya antrean penumpang di sebagian besar halte Transjakarta dan selalu penuhnya penumpang di dalam bus merupakan bukti bahwa Transjakarta tetap menjadi favorit warga Jakarta saat ini. Pengamatan ANTARA di beberapa halte Transjakarta di Jakarta, Selasa menunjukkan fasilitas yang mendukung kenyamanan untuk penumpang seperti halte yang bersih, AC, kursi yang nyaman dan adanya jalur khusus, menjadi andalan Transjakarta dibandingkan jenis angkutan umum lainnya di Jakarta.

Pendapat para penumpang busway yang disampaikan dalam rangka ulang tahun ibu kota DKI Jakarta ke-484 pada 22 Juni 2011. "Saya lebih sering menggunakan busway daripada bus lainnya soalnya terhindar dari macet dan ada AC- nya", ungkap salah satu pengguna Transjakarta, Chyntia. Keamanan, kebersihan, dan harga karcis yang terjangkau merupakan kelebihan yang dimiliki Transjakarta dibandingkan alat transportasi lainnya,kata Cynthia.

Sementara itu, ketika ditanya tentang kelemahan atau kekurangan angkutan ini, Chynthia mengemukakan ada sejumlah supir yang ugal-ugalan. Kelemahan lainnya adalah pemberitahuan tentang halte berikutnya sering tidak terdengar "Kelebihannya aman, enak, bersih dibanding angkutan lainnya." ujar salah satu pegawai yang ditemui di Blok-M, Maxy.

Sementara itu salah satu mahasiswa yang merupakan pengguna transjakarta, Risa mengatakan bahwa Transjakarta masih kurang memuaskan dilihat dari waktu kedatangan bus di setiap halte karena tidak menentu dan pelayanan petugas yang kurang maksimal. Risa memberi contoh ada petugas yang tidak mampu menjawab atau menjelaskan secara rinci pertanyaan penumpang mengenai rute Transjakarta.

Meskipun Transjakarta menjadi favorit warga, angkutan ini masih belum dapat menjadi jalan keluar terhadap kemacetan di Jakarta,"Menurut saya, busway belum bisa ngatasin macet di Jakarta, soalnya di mana-mana masih aja macet." tutur Chyntia.

Beberapa jalur busway antara lain adalah Blok M-Kota, Pinang Ranti-Pluit, Harmoni-Pulo Gadung, PGC-Ancol. Para penumpang mengatakan busway tetap menjadi favorit mereka karena jangkauannya yang luas, relatif aman, dan tidak panas.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA