Senin 13 Jun 2011 08:03 WIB

Lorenzo Jatuh, Stoner Menangi Grand Prix Inggris

Casey Stoner
Casey Stoner

REPUBLIKA.CO.ID,Pembalap Australia Casey Stoner dari tim Honda merebut kemenangan di Grand Prix Inggris Raya yang berlangsung di lintasan yang basah, Minggu (11/6), sekaligus menggeser juara dunia Jorge Lorenzo dari puncak klasemen umum pembalap.

Pembalap Yamaha Lorenzo, yang memimpin di tikungan pertama, menjadi salah satu dari pembalap ternama yang terjatuh saat para pembalap lain berjuang mengatasi lintasan basah tersebut.

Pembalap Italia Andrea Dovizioso dari Honda mencapai finis di posisi kedua dengan 15,159 di belakang Stoner, sementara pembalap veteran Amerika Serikat Colin Edwards menempati posisi ketiga di atas Tech3 Yamaha, kurang seminggu setelah tulang selangka dia remuk.

Stoner, di posisi "pole" untuk keempat kalinya musim ini di balapan Grand Prix ke-150. Dia dalam semua kategori, merupakan pembalap Honda pertama yang memenangi tiga seri balapan secara beruntun sejak pembalap Italia Valentino Rossi pada 2003.

Pembalap Australia itu di posisi ketiga setelah lap pertama, dengan Lorenzo dan kemudian Dovizioso memimpin, tapi kemudian kembali memimpin di depan pada lap kedua.

Dengan pembalap Yamaha Ben Spies mengalami kecelakaan pada lap kedelapan, kemudian rekan setimnya Lorenzo terjatuh pada lap sembilan, dan pembalap Honda asal Italia Marco Simoncelli terjatuh satu lap kemudian, Stoner sendirian melewati garis finis dan mencatat kemenangan keempatnya dalam enam balapan.

Pembalap Australia itu kini mengantongi 116 poin, sementara Lorenzo 98 poin, dan Dovizioso 83 poin.

Rossi, yang memulai balapan dari barisan belakang di tim Ducati, melesat ke posisi keenam dan naik ke posisi keempat dalam klasemen umum dengan 68 poin dalam absennya pembalap Honda yang cedera Dani Pedrosa asal Spanyol.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement