Kamis 02 Jun 2011 16:46 WIB

Libur Panjang, Terminal Bus Kalideres Biasa Saja

Rep: Dyah Ratna Meta Novi S/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Meskipun libur panjang karena cuti bersama yang berlangsung dari tanggal 2 sampai 5 Juni, Terminal Kali Deres di Jakarta Barat sepi penumpang. Tak dijumpai antrean penumpang bus antar kota antar provinsi.

Ditemui di Terminal Kali Deres, awak bus PO Udaya yang menempuh rute Jakarta-Palembang, Riandi mengatakan, sekarang penumpang bus sedikit sekali. Bahkan banyak PO yang mengeluhkan kondisi sepinya penumpang.

Mungkin karena liburannya tanggung, banyak orang yang memilih berlibur di Jakarta, pergi ke tempat pariwisata dibandingkan pulang kampung. "Sebentar lagi bulan Puasa, dari pada uang dihamburkan untuk pulang kampung lebih baik menabungnya untuk pulang saat lebaran saja," katanya di Jakarta, Kamis, (2/6).

Saat ini, ujar Riandi, tidak ada satu bus dari PO-nya yang keluar, padahal biasanya sehari pasti keluar satu bis. "Sepertinya cuti bersama malah tidak ada penumpang yang naik," keluhnya.

Hal senada juga dikeluhkan awak bus dari PO Pahala Kencana yang menempuh rute Jakarta-Purwokerto, Slamet Riyadi. Menurutnya tidak ada lonjakan penumpang sebab banyak penumpang yang lebih memilih naik kereta api dari pada naik bus. "Mungkin karena penumpang merasa naik kereta lebih cepat sampai," katanya.

Sehari-hari, ujar Riyadi, Pahala Kencana mengeluarkan delapan buah bus dari Jakarta ke berbagai wilayah di Jawa. Saat ini, armada yang dikeluarkan juga hanya delapan buah, tidak ada penambahan armada karena tidak ada lonjakan penumpang. Memang penumpang naik, tapi hanya sedikit, misalnya satu bus biasanya mengangkut 10 penumpang per hari, saat ini mengangkut antara 30 sampai 50 penumpang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement