Kamis 26 May 2011 13:40 WIB

Indonesia Hadapi Jepang di Perempat final

Rep: Ratna Puspita/ Red: Didi Purwadi
Pemain tunggal putra Piala Sudirman Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka mengembalikan bola kerah lawannya Lee Chong Wei dari Malaysia dalam babak penyisihan grup Piala Sudirman di Qingdao Sport Center, Rabu (25/5).
Foto: Antara/Maha Eka Swasta
Pemain tunggal putra Piala Sudirman Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka mengembalikan bola kerah lawannya Lee Chong Wei dari Malaysia dalam babak penyisihan grup Piala Sudirman di Qingdao Sport Center, Rabu (25/5).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Para pebulu tangkis muda Indonesia menunjukan perjuangan luar biasa untuk meraih tiket perempat final sebagai juara Grup B Piala Sudirman 2011. Skuat Merah Putih akan menghadapi Jepang pada perempat final Piala Sudirman 2011, di Stadion Qingdao Sports Centre, Shandong, Jumat (27/5).

Indonesia melaju ke perempat final sebagai juara Grup B setelah mengalahkan Malaysia 3-2 pada Rabu (25/5) malam waktu setempat. Seperti dilansir laman resmi Federasi Bulu tangkis Dunia (BWF), hasil ini membuat Adrianti Firdasari dan kawan-kawan diunggulkan di posisi kedua pada undian perempat final. Selain itu, Denmark yang menjadi unggulan kedua menyerah dari Korea Selatan 2-3 pada penyisihan Grup D.

Posisi sebagai unggulan kedua menguntungkan Indonesia. Sebab, skuat Merah Putih yang menargetkan semifinal itu berpeluang menghadapi favorit juara Cina pada laga final. Untuk melaju ke laga puncak, Indonesia akan menghadapi Jepang. Negeri Sakura finis sebagai runner-up Grup A setelah kalah dari Cina dan menang atas Jerman.

Duel ini diprediksikan akan berlangsung ketat sebab Indonesia tidak diperkuat Taufik Hidayat, Markis Kido/Hendra Setiawan, dan Liliyana Natsir. Namun, Indonesia memiliki peluang untuk mencapai target melaju ke empat besar.

Bila kekuatan di sektor putri menjadi andalan ketika menghadapi Malaysia, maka pebulu tangkis putra yang kini diharapkan akan menyumbang poin bagi Indonesia pada duel melawan Jepang. Sebab, Negeri Sakura memiliki kualitas yang lebih baik di ganda putri dan tunggal putri.

Pemenang antara Indonesia dan Jepang akan menghadapi Denmark atau Taiwan. Taiwan lolos ke perempat final sebagai juara Grup C. Namun, Denmark yang diperkuat pebulu tangkis papan dunia itu diprediksikan akan melenggang ke semifinal.

Indonesia harus berjuang hingga partai terakhir untuk menjungkalkan Malaysia. Malaysia mengungguli Indonesia melalui Lee Chong Wei di tunggal putra dan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong di ganda putra.

Namun, Indonesia memetik angka dari ganda putri Greysia Polii/Meiliana Jauhari dan tunggal putri Adrianti Firdasari. Sedangkan ganda campuran, Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet, tampil sebagai penentu kemenangan. "Kita bisa menang karena berusaha menikmati permainan. Berusaha main normal saja. Jadi, kita dapat memberikan yang terbaik," kata Fran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement