Selasa 24 May 2011 17:27 WIB

Polisi Tembak Polisi Terduga Pencuri Mobil

Rep: Muhamad Fakhruddin/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,SERANG--Oknum anggota Direktorat Polisi Udara Mabes Polri berinisial Bripda EW ditembak petugas gabungan Polsek Serang dan Polsek Metro Ciputat dalam aksi penyergapan di areal Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Ciputat. Oknum tersebut diduga mencuri mobil Toyota Avanza B 1171 WUE milik warga Kota Serang, Banten.

Kapolsek Serang, AKP Kam'ndiah, mengakui adanya penangkapan itu. Namun, dia enggan memberikan keterangan lebih jauh, dengan alasan belum memeriksa tersangka yang masih dalam perawatan. “Gimana bisa menerangkan, tersangkanya saja masih dirawat. Nanti saja, Kapolres yang menjelaskan,” kata  Kam’ndiah, Selasa (24/5).

Kini, oknum bintara polisi yang terluka tembakan masih di rawat di ruang Melati No. 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Serang. Bripda EW terkena tembakan pada bagian betis kanannya.

Kapolres Serang, AKBP Krisnandi, mengakui petugas polisi yang menembak tersangka berasal dari Polsek Serang.  Namun, Krisnandi enggan merinci kronologis penembakan tersebut, karena masih melakukan pengembangan. “Kita belum bisa merilisnya,” kata Krisnandi.

Dari informasi yang dihimpun, selain tersangka Bripda EW, petugas juga mengamankan 3 warga yang diduga sebagai jaringan pencurian mobil yang ditangkap di rumahnya masing-masing pada Senin (23/5) malam. Mereka yang diamankan adalah Sul (37 tahun), warga Kelurahan Pamulang Timur, Tangerang Selatan dan Ar (35), dan Al (27), warga Ciputat, Tangerang Selatan.

Terungkapnya kasus pencurian mobil Avanza ini berawal dari hilangnya mobil Avanza hitam B 1171 WUE dari rumah H Asbad, warga Kampung Sempu Girang, Kelurahan Cipare, Kota Serang, pada Sabtu (21/5) sekitar pukul 05:00 WIB. Berbekal dari laporan itu, petugas Reskrim Polsek Serang langsung melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan, kendaraan yang dicuri tersebut berada di wilayah hukum Polsek Metro Ciputat.

Berbekal dari informasi tersebut, petugas reskrim segera bergerak ke lokasi yang dicurigai tempat persembunyian pelaku. Sebelum melakukan penyergapan, petugas Polsek Serang terlebih dahulu mendatangi Polsek Metro Ciputat untuk melakukan koordinasi. Beberapa anggota Polsek Metro Ciputat dikerahkan untuk membantu penyergapan. Sekitar pukul 20:00 WIB, petugas gabungan itu segera melakukan pengepungan di sekitar Kampus UIN Ciputat.

Pada saat akan ditangkap, oknum polisi yang bertugas di Pondok Cabe, Jakarta Selatan ini berusaha melarikan diri. Mengetahui buruannya melakukan perlawanan, polisi pun berupaya memberikan tembakan peringatan namun tidak digubris tersangka.

Karena tak mau buruannya lolos, tembakan pun akhirnya diarahkan ke bagian tubuh dan mengenai betis kanan tersangka. Beberapa anggota langsung membawa tersangka EW ke RSUD Serang untuk diberikan pengobatan, sedangkan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap rekan-rekan tersangka. Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti 1 unit Avanza B 1171 WUE, 4 buah kunci palsu, 1 obeng serta 1 kunci pas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement