Jumat 06 May 2011 18:09 WIB

Unair Buka Empat Program Studi Baru

Rep: C01/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA----Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuka empat program studi baru pada 2011 ini yakni pendidikan kebidanan, sistem informasi, teknobiomedik, serta ilmu dan teknologi lingkungan. Dengan tambahan empat prodi tersebut, Unair menawarkan 32 prodi untuk calon mahasiswa baru 2011.

“Dengan dibukanya empat prodi baru itu, daya tampung Unair juga meningkat,” ujar Wakil Rektor I Unair Achmad Syahrani, Jumat (6/5). Daya tampung mahasiswa Unair bertambah dengan kuota pendidikan kebidanan sebanyak 30 mahasiswa. Sementara tiga prodi lainnya masing-masing sebanyak 24 mahasiswa. Pada 2011 ini, Unair akan menerima 4.450 mahasiswa baru.

Mahasiswa baru tersebut akan masuk melalui dua jalur yakni SNMPTN dan jalur mandiri. Sebanyak 2.670 mahasiswa akan disaring dari tes tulis SNMPTN. Sedangkan 1.780 sisanya akan diterima lewat jalur mandiri.

Dari jumlah mahasiswa yang diterima di SNMPTN, lanjut Syahrani, 500 diantaranya akan menerima beasiswa bidik misi. Penerima beasiswa ini berdasarkan kuota pemerintah yakni 20 persen. “Kami tetap menjamin keluarga yang tidak mampu bisa kuliah disini,” katanya.

Syahrani menjelaskan pihaknya akan meringankan biaya  Sumbangan Operasional (SOP) dan Sumbangan Pengembangan Pelayanan Pendidikan (SP3) bagi mahasiswa yang termasuk dalam keluarga tak mampu. Untuk mahasiswa yang keluarganya berpenghasilan di bawah Rp 1.350.000 akan mendapatkan gratis SOP, SP3 dan daftar ulang.

Mahasiswa yang masuk dalam kategori kurang mampu dan memiliki penghasilan antara Rp 1.350.000 dan Rp 2.500.000 mendapatkan gratis SP3. “Pemberian SP3 akan dikenakan pada mahasiswa tertentu yang termasuk dalam kategori dalam keluarga mampu dan berkecukupan, yang mempunyai penghasilan lebih dari Rp 2,5 juta ,” terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement