Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Mengapa Anak Disarankan Bergaul dengan Teman Berbagai Usia

Selasa 07 Mar 2017 09:10 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Sejumlah anak-anak bermain di Taman Badak Putih, Kota Bandung, Sabtu (15/1).

Sejumlah anak-anak bermain di Taman Badak Putih, Kota Bandung, Sabtu (15/1).

Foto: Republika/Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika memiliki anak usia empat atau lima tahun, orangtua kerap kebingungan mencari teman bermain. Pertanyaan pun muncul, apakah anak sebaiknya diajak bermain keluar rumah. Atau cukup bermain di dalam rumah saja.

Orangtua lalu bertanya lagi. Apakah anak harus bermain dengan teman sebaya. Ataukah bisa diperbolehkan main dengan anak yang lebih besar.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, menyarankan agar anak usia empat tahun tidak dikeram saja di rumah. Melainkan diajak bergaul keluar rumah. Dengan siapa? Dengan semua orang dari berbagai usia.

Karena menurut perempuan yang akrab disapa Nina ini, ada perbedaan keuntungan ketika anak bergaul dengan anak seusianya, anak yang lebih besar atau yang lebih kecil. Ketika anak anak bergaul dengan anak yang lebih besar, maka dia akan menjadi pengikut teman yang lebih tua.

Kalau dengan anak lebih kecil, dia belajar memimpin dan mengatur. Sementara dengan teman sebaya anak menjadi setara.

“Manfaatnya berbeda-beda. Kalau bisa bermain dengan segala usia jauh lebih baik. Manfaat bisa lebih komprehensif,” ujarnya dalam konferensi pers peluncuran kampanye SGM Eksplor Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya di Jakarta belum lama ini. 

Jadi, untuk para orangtua, sebaiknya beri kesempatan anak bertemu  dengan teman seusia, lebih dewasa atau lebih kecil. Jangan hanya bermain dengan teman seusianya saja, atau dengan yang lebih dewasa saja atau malah dengan yang lebih kecil saja.

Baca juga: Bukti Keluarga Bermasalah Bisa Cetak Anak Sukses

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA