Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

10 Roti Lapis Paling Populer Dunia

Selasa 03 Nov 2015 09:44 WIB

Red: Indira Rezkisari

Roti lapis atau sandwich memiliki beragam rasa dan rupa di tiap negara.

Roti lapis atau sandwich memiliki beragam rasa dan rupa di tiap negara.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, Roti lapis atau sandwich biasanya terdiri dari setangkup roti berisi sayuran, daging, keju dan saus. Setiap negara memiliki variasi bentuk, bahan, rasa hingga nama yang berbeda.

Aplikasi pemesanan makanan online foodpanda mengumpulkan sepuluh ragam sandwich populer dari berbagai negara beserta serba-serbinya.

India: Vada Pav

Sandwich ala India berupa hamburger sayuran pedas dilengkapi dengan chutney yang terbuat dari kelapa parut, tamarind pulp, dan bawang putih.

Awalnya Vada Pav dianggap sebagai makanan bagi orang-orang tidak mampu karena proses pembuatannya dinilai sangat murah. Namun, dengan cepat makanan yang satu ini terdengar ke lingkup nasional dan kini menjadi salah satu makanan siap saji favorit di India yang juga disajikan di hotel-hotel istimewa.  

Malaysia: Roti John

Dilihat sekilas sandwich yang satu ini seperti omellete sandwichon a baguette.  Bedanya, makanan yang dapat ditemukan di Malaysia, Brunei dan Singapura ini dapat diisi dengan bahan lainnya, seperti daging cincang (ayam atau daging kambing), bawang merah, dan sarden. Saus tomat dan cabai melengkapi rasa roti john.  

Vietnam: Bánh mì

Banh mi berisi mayo, ketumbar, bawang putih, kecap ikan, mentimun dan wortel. Isian roti ini juga dapat ditambahkan dengan tofu goreng maupun ham sesuai selera pemakannya.

Kabarnya roti ini ditemukan di Vietnam pada awal abad ke-20 oleh Le Vo. Setelah melarikan diri dari perang pada 1972, ia mendarat di San Jose, CA dan membuka Ba Le Bakery hingga akhirnya membuat makanan favorit ini.

Jepang: Katsu-sando

Katsu-sando adalah roti lapis putih berisi daging yang digoreng dengan balutan tepung roti ditambah kubis. Katsu-sando diciptakan pertama kali di Tokyo pada 1899 dari sebuah restoran bernama Rengatei. Sandwich ini awalnya dianggap sebagai jenis yoshoku, sebutan untuk hidangan barat dengan cita rasa pengaruh lokal.

Amerika Serikat

BLT adalah singkatan dari Bacon, Lettuce and Tomato. Seperti namanya, BLT disajikan dengan daging asap, selada dan tomat. Akan lebih nikmat jika turut dihidangkan di atas roti panggang yang ditambah mayones. Sebutan BLT pertama kali muncul di media cetak selama awal 1950-an dan hingga kini masih menjadi sandwich yang terkenal kedua di Amerika Serikat.

Meksiko: Cemita

Sandwich Meksiko Cemita berisi daging sapi goreng yang disajikan dengan roti brioche berbahan dasar telur yang berisi keju, bawang putih, dan salsa roja. Irisan alpukat menjadi cita rasa yang membuat sandwich asal Meksiko ini semakin nikmat.

Prancis: Croque Madame

Pernah mendengar tentang Croque Monsieu yang merupakan sandwich keju berisi ham panggang? Croque Madame adalah sandwich ‘"versi perempuan" yang menyajikan telur goreng sebagai topping andalan. Croque Madame awalnya merupakan makanan ringan dari kafe dan bar di Perancis yang dibuat sekitar awal 1910-an.

Timur Tengah: Falafel

Falafel adalah roti pita yang berisi sayuran segar, buncis goreng dan saus tahini.

Jerman: Fischbrötchen

Sandwich asal Jerman ini berisi ikan bismarck atau ikan herring. Dibalut oleh roti roll berisi acar, dan bawang merah, makanan yang satu ini sering dinikmati di Jerman Utara. Fischbrötchen merupakan snack terpopuler di Jerman setelah currywurst

.

Cile: Chacarero

Gurihnya churrasco panggang dengan balutan roti roll semakin nikmat bila ditambahkan irisan buncis, lada, dan tomat.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA