Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Spageti Carbonara Asli Italia Tidak Bersaus Krim?

Selasa 26 Mar 2013 17:35 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Spageti Carbonara (ilustrasi)

Spageti Carbonara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Selama ini anda mungkin mengenal spageti carbonara selalu disajikan  dengan saus creamy. Sebenarnya tidak demikian.

Menurut chef Franck Bruwier dari sekolah kuliner Le Cordon Bleu, resep asli spageti carbonara tidak seperti yang dikenal saat. Berdasarkan hasil risetnya ke Italia, sekitar 60 persen resep carbonara ternyata tidak menggunakan krim.

Sang chef tidak hanya membagi pengetahuannya tetapi juga resep asli spageti carbonara yang ia ketahui. Anda ingin mencoba resep asli spageti carbonara ala chef Franck Bruwier dalam waktu kurang dari setengah jam?

Berikut tips dan cara memasak Technical Director & Cuisine Chef Instructor Le Cordon Bleu seperti didemonstrasikan di Jakarta, Sabtu 22 Maret 2013.

Biasanya pasta tidak memiliki rasa sehingga harus ditambah dengan saus atau bumbu tertentu.

Untuk membuat pasta lebih terasa nikmat dan tidak hambar, pertama masukkan pasta dalam rebusan kaldu mendidih yang sudah ditambah irisan daging asap dan sedikit minyak zaitun serta garam.

Tambahan minyak zaitun ini agar pasta tidak menempel satu sama lain. Lalu, selagi menunggu pasta matang, persiapkan saus carbonara dengan mengocok kuning telur dan parutan pala hingga volume mengembang tiga kali lipat.

"Pakailah alat pengocok telur untuk hasil optimal," kata Chef Franck Bruwier.  Lalu, setelah pasta matang, angkat dan rendam dalam air es agar pasta tidak lembek.

Dia mengatakan, suhu terbaik penentu saus matang adalah saat panas api mencapai 82 derajat celcius.

Saat melakukan demonstrasi, chef menggunakan spatula bertermometer di gagangnya. Namun, bila Anda tidak punya spatula seperti itu, tempelkan saja termometer di bagian gagang untuk mengecek suhu larutan saus.

Cara lain untuk mengetahui saus sudah cukup kental adalah dengan mencelupkan sendok ke dalamnya. Bila saus menempel di permukaan sendok, berarti saus sudah mengental dan matikan api. Lalu tambahkan parmesan dan dicampur hingga rata.

Siapkan panci kecil, masukkan minyak zaitun lalu panaskan daging asap yang sudah diiris, sementara itu panaskan lagi pasta dalam rendaman air kaldu sejenak.

Setelah itu, masukkan pasta dan saus carbonara dalam panci berisi smoked bacon, campur rata. Spageti carbonara siap dinikmati.

Catatan kecil

Satu lagi, saat Republika.co.id mencoba meriset sederhana lewat internet, hampir sebagian besar chef Italia dan pakar kuliner Italia juga menyebut spageti carbonara tidak menggunakan krim. Ada yang lebih ekstrem yakni menggunakan pasta kering kasar karena spageti ini pada dasarnya adalah makanan rakyat.

Dulu, hanya kalangan bangsawan dan orang kaya di Roma yang mampu membuat spageti atau pasta segar yang bertekstur lembut dengan telur. Sementara, rakyat biasa hanya bisa menggunakan pasta kasar dan mengeringkan untuk bisa disimpan lama. Telur adalah salah satu bahan yang didapat dengan keberuntungan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA