Selasa 03 May 2016 00:10 WIB

Manfaat Cegukan Bagi Kesehatan

Cegukan/Ilustrasi
Foto: Musiron/Republika
Cegukan/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Cegukan pasti pernah dialami oleh semua orang. Ada yang menanggapi dengan kesal, karena sudah berbagai cara dilakukan demi menghilangkan cegukan namun sia-sia.

Ada pula yang menanggapi cegukan ini dengan biasa saja karena akan hilang dengan sendirinya.

Dalam istilah kedokteran, cegukan merupakan kontraksi involter diafragma yang berlangsung secara berulang-ulang disertai dengan penutupan katup glotis secara tiba-tiba. Oleh karena itu, seringkali muncul suara 'hik' disertai dengan rasa tersendat di kerongkongan.

Dilansir laman Health, Senin (2/5) Daniel Howes seorang peneliti dari Queen University, Kanada, mengatakan fungsi dari cegukan sendiri adalah untuk menghilangkan jumlah udara di dalam perut. Pasalnya, setiap kontraksi di dada mampu menghisap udara dalam rongga perut.

Cegukan, menurut Howes juga merupakan hal alami tubuh. Tak perlu menghentikannya, apalagi harus mengonsumsi obat. Trik yang dapat menghilangkan masalah ini menurut Howes cukup dengan minum banyak air putih. Atau ada cara alami lainnya yaitu menahan napas kurang lebih 15-20 detik.

Tetapi, Howes menyarankan bila Anda mengalami cegukan dalam waktu yang lama ada baiknya segera cek ke dokter. Bisa jadi Anda mengalami kelainan diafragma atau organ lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement