Selasa 22 Sep 2015 06:02 WIB

Daftar Minuman yang Sebenarnya Buruk Bagi Tubuh

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Minuman soda diet mungkin bebas kalori, tapi hampir tidak ada kandungan nutrisi yang bermanfaat di dalamnya belum lagi kandungan gulanya yang terlalu banyak.
Foto: flickr
Minuman soda diet mungkin bebas kalori, tapi hampir tidak ada kandungan nutrisi yang bermanfaat di dalamnya belum lagi kandungan gulanya yang terlalu banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain makanan, minuman juga merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Minuman mengandung air yang begitu dibutuhkan tubuh agar semua organ pada tubuh berfungsi dengan baik.

Namun, tahukah bahwa Anda harus selektif dalam memilih minuman. Bisa jadi kandungan di dalamnya berbahaya untuk tubuh. Berikut adalah minuman yang tidak seharusnya dikonsumsi untuk tubuh, dikutip dari laman Shape, Selasa (22/9).

Jus

Label seperti "minuman jus" dan "jus cocktail" dalam pembuatannya menggunakan air gula yang memiliki zat pewarna. Itulah yang buruk untuk tubuh. Untuk minuman yang benar-benar sehat, carilah jus yang 100 persen alami, seperti jus jeruk, jus cranberry, atau jus lidah buaya

Kopi dengan krim kocok

Kopi jenis ini banyak disajikan dalam bentuk frappe atau dingin. Namun tahukah Anda bahwa dalam setiap sajian kopi jenis ini mengandung 800 kalori dan 170 gram gula yang tentu saja akan memicu kegemukan.

Minuman berperasa

Minuman ini memang menarik dari segi warna dan rasa. Apalagi apabila minuman ini disajikan dalam keadaan dingin. Namun kandungan pewarna dan pemanis buatan di dalamnya dapat menimbulkan gangguan kesehatan apabila dikonsumsi terlalu sering.

Soda diet

Minuman ini terkadang dijadikan alternatif bagi mereka yang sedang berdiet namun tetap ingin meneguk minuman bersoda. Soda diet mungkin saja bebas kalori namun juga tidak ada kandungan nutrisi di dalamnya.

Smoothies

Minuman buah buatan sendiri baik untuk Anda, tapi smoothie kemasan berisi 32 ons bisa menampung sebanyak 700 kalori dengan kurang dari dua gram protein, dan  kadar gula yang tinggi. Itu seperti memakan seluruh nanas, mangga, dan satu cangkir  blueberry serta stroberi dalam sekali makan. Mengapa buruk?  Itu karena kalori dari makanan yang disimpan dalam sel lemak Anda lebih dari yang Anda dapat bakar.

Minuman olahraga

Mengakhiri latihan Anda dengan menenggak minuman khas olahraga dapat menetapkan tujuan penurunan berat badan Anda kembali. Banyak minuman olahraga di pasar yang mengandung campuran pemanis alami dan buatan, ditambah daftar zat aditif yang sulit diucapkan.

Limun

Kebanyakan versi yang dibeli di toko terbuat dari pemanis yang sama digunakan dalam soda, dikombinasikan dengan bahan pengawet dan warna buatan. Pada 100 kalori per cangkir, dan dengan setara dengan enam sendok teh gula dan nol nutrisi, pada dasarnya anda hanya minum permen cair yang pasti tidak menyegarkan.

Minuman ringan

Soft drinks atau minuman ringan penuh dengan kandungan gula dan hampir tidak ada kandungan nutrisi di dalamnya. Minuman ini dapat meningkatkan risiko obesitas dalam tubuh Anda jika Anda mengonsumsinya secara terus-menerus.

Minuman berenergi

Minuman ini sering dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan tambahan energi dalam menjalankan aktivitas. Kandungan kafein di dalamnya dapat membuat hormon adrenalin Anda bereaksi sehingga Anda menjadi bersemangat. Namun tahukah Anda bahwa minuman berenergi mengandung kafein yang lebih banyak daripada yang diperbolehkan dikonsumsi untuk tubuh?

Saat ini ada begitu banyak minuman-minuman dengan jenis seperti yang disebutkan  di atas yang beredar di pasaran. Oleh karena itu bijaklah dalam memilih minuman yang tidak berpotensi dan dapat membahayakan kesehatan Anda.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement