Jumat 27 May 2016 17:00 WIB

Soal Bermuatan Kekerasan di SD Sudah Selesai

Red:

JAKARTA -- Adanya soal bermuatan kekerasan dalam ujian kenaikan kelas di SDN Baru 02 Pagi Pasar Rebo, Jakarta Timur, belum lama ini sempat membuat resah para orang tua. Di naskah ujian nomor 24 mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (PLBJ) untuk siswa kelas 2 tertulis, "Bang Kusen dan istrinya dibunuh oleh?" Di soal lainnya, ada pula pertanyaan yang berbunyi, "Mengapa Bang Maman menyuruh Ijah bercerai?"

Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan, sudah mengambil tindakan yang diperlukan guna menuntaskan masalah tersebut. "Beberapa waktu lalu, saya mengadakan pertemuan dengan Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Jakarta Timur dan para kepala sekolah terkait. Sekarang ini persoalannya sudah selesai," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto, Kamis (26/5).

Menurut Sopan, instansinya sudah dua kali melakukan investigasi untuk mengusut masalah tersebut. Sebagai hasilnya, guru yang membuat soal ujian kontroversial itu akhirnya dikenakan sanksi berupa teguran. Sementara, baik Sudin Pendidikan Jakarta Timur maupun kepala SDN Baru 02 Pagi sudah berjanji untuk meningkatkan pengawasan dalam proses pembuatan materi pelajaran dan soal ujian siswa pada masa mendatang. "Mudah-mudahan, kasus seperti ini tak lagi terulang," ucap Sopan.    Ahmad Islamy Jamil,  ed: Erik Purnama Putra

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement