Jumat 18 Nov 2016 18:00 WIB

Serba-Serbi IMSO 2016

Red:

Republika/Raisan Al Farisi        

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ratusan pelajar dari 23 negara mengikuti International Mathematical and Science Olympiad (IMSO) 2016 yang diselenggarakan di Kota Tangerang, Banten. Sebanyak 432 pelajar tingkat SD dari seluruh dunia ini akan berlomba memecahkan berbagai soal matematika dan sains.

IMSO 2016 yang diikuti oleh sejumlah negara di dunia, seperti Indonesia, Iran, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Bulgaria, Rumania, Asia, India, Mongolia, Sri Lanka, dan Kazakhstan. Pelajar yang mengikuti ajang ini terdiri atas pelajar setingkat kelas IV, V, dan VI sekolah dasar. Tidak kurang Presiden Joko Widodo membuka acara tersebut. IMSO memperebutkan medali emas, perak, perunggu, dan tiga kategori tambahan, yaitu teori terbaik, eksplorasi terbaik, serta juara umum.

Memasuki hari kedua, siswa mengikuti tes eksperimen sayuran, seperti mentimun, wortel, dan terong pada mata pelajaran sains, sedangkan pada matematika, siswa dituntut untuk menyusun puzzle dari kertas yang telah panitia sediakan.

Selain berkompetisi, acara ini juga menjadi ajang keakraban lintas negara dan agama. Banyak di antara mereka yang sangat antusias untuk saling mengetahui kebudayaan negara masing-masing, tak jarang mereka saling bertukar cenderamata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement