Jumat 23 Dec 2016 17:00 WIB

Honda Kuasai Pasar SUV dan Sedan

Red:

Popularitas Honda di segmen SUV dan sedan tampaknya tidak terkalahkan pada 2016 ini. Sebab, hingga November 2016, kendaraan merek ini telah menguasai pasar sport utility vehicle (SUV) sebesar 48 persen dengan total penjualan 84.252 unit melalui Honda BR-V, HR-V 1.5L, HR-V 1.8L, dan Honda CR-V.

Honda juga merajai segmen sedan dengan market share 25,8 persen atau sebanyak 3.305 unit di periode yang sama.

"Penjualan hingga November lalu semakin menegaskan dominasi Honda di pasar SUV yang memang tahun ini menjadi tren di industri otomotif. Kami juga bersyukur bahwa kehadiran All New Honda Civic Turbo terbukti membawa gairah baru di segmen sedan dan turut berkontribusi terhadap penjualan Honda secara keseluruhan," kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

 

Kontributor utama penjualan Honda di low SUV (LSUV) masih dipegang Honda BR-V yang menjadi market leader di segmen ini, yakni sebesar 35.810 unit dengan market share  33 persen. Sementara itu, di posisi kedua segmen LSUV, Honda HR-V 1.5L membukukan penjualan total  33.211 unit dengan market share 31 persen pada sepanjang 2016.

 

Pada periode yang sama, kata Jonfis, HR-V 1.8L membukukan penjualan total  7.641 unit  dengan market share 11 persen di kelas SUV. Honda CR-V juga turut memberikan kontribusi di kelas SUV melalui penjualan total 7.590 unit dengan market share 11 persen.

 

Di segmen sedan, penyokong utama Honda dipicu oleh model terbarunya, yaitu All New Honda Civic Turbo. Model yang baru diluncurkan pada kuartal kedua 2016 ini sukses di pasaran dengan  penjualan total 1.501 unit dan menguasai 61 persen pasar. Sementara itu, New Honda Accord menyumbangkan penjualan Januari hingga November sebanyak 505 unit dengan market share 14 persen. All New Honda City juga turut menjadi pemimpin di segmen sedan mini dengan penjualan 1.164 unit dan market share 45 persen.

 

Selain model SUV dan sedan, Mobilio yang berada di segmen low multi purpose  vehicle (LMVP) juga turut menjadi kontributor terbesar dalam penjualan tahunan Honda dengan total 37.466 unit dan market share sebesar 16 persen. Sementara, New Honda Brio Satya membukukan penjualan total  33.027 unit dengan market share 16 persen.

 

Pada periode yang sama, New Honda Brio RS menjadi market leader di segmen city car dengan penjualan 9.205 unit serta market share 43 persen. Dari segmen hatchback, All New Honda Jazz menjadi jawara setelah menembus angka penjualan 17.337 unit dan market share 47 persen sepanjang 2016.

Secara keseluruhan, pada November 2016 Honda membukukan penjualan sebesar 16.501 unit. "Dalam 11 bulan terakhir (Januari-November), total penjualan kami telah menembus angka 185.438 unit dengan market share 19 persen," ujar Jonfis.     rep: Rossi Handayani, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement