Jumat 24 Jun 2016 15:00 WIB

Istirahat di Posko Lebih Baik

Red:
pembentukan Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016 ini bertujuan untuk melaksanakan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
pembentukan Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016 ini bertujuan untuk melaksanakan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016.

Sebagian besar pemudik telah mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan selama perjalanan ke kampung halaman. Mobil yang prima dipastikan sudah melakukan servis di bengkelnya masing-masing sebelum menempuh perjalanan panjang.

Akan tetapi, apa yang terjadi apabila di perjalanan ada gangguan yang tidak terduga pada kendaraan? Para pemudik tidak perlu khawatir karena sejumlah agen pemegang merek (APM) mobil telah menyiapkan sejumlah posko mudik Lebaran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya.

Salah satunya PT Astra Toyota Motor (TAM), yang sudah menyiapkan sejumlah posko siaga selama 24 jam. Kali ini terdapat 20 posko yang siap melayani para pengendara Toyota sampai ke tempat tujuan.

Public Relations Manager TAM, Rouli Sijabat, mengatakan, Toyota menyiakan dua program tahunan, di antaranya Pre-holiday Campaign dan Posko Mudik Siaga. Selama persiapan mudik pada 1-21 Juni, para konsumen diajak untuk melakukan servis kendaraan ke bengkel resmi dengan potongan harga khusus, baik jasa maupun spare part.

Toyota telah menyediakan posko di titik mudik yang padat kendaraan selama periode 1-11 Juli. Kedua puluh posko tersebut tersebar di beberapa provinsi, di antaranya, Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, dan Bali.

"Pada bulan Juli, ada 279 titik pelayanan mudik Toyota yang terdiri dari 20 posko, sembilan bengkel 24 jam, dan 250 bengkel yang tetap buka selama libur Lebaran," kata Rouli.

Beberapa posko yang tersebar, yakni di Cisarua-Hotel Puncak Raya-Bogor, Cipanas-Rumah Makan Rindu Alam dua, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Merak-Rest Area KM 68, Nagreg-RM Boga Nikmat, Cirebon-Rest Area Tol Palikanci KM 226-227, Sampang-RM Intan-Banyumas, Batang-RM Kardani Putra, Caruban-RM Saradan Asri, Tuban-RM Wahyu Utama.

Sedangkan untuk bengkel yang siaga selama 24 jam, yakni AUTO 2000 Bogor Siliwangi, AUTO 2000 Pasteur, Nasmoco Tegal, Nasmoco Magelang, Nasmoco Pemuda, Nasmoco Mlati, Surya Indah Motor Kudus, Nasmoco Slamet Riyadi, dan AUTO 2000 Ahmad Yani.

Rouli mengungkapkan, setiap kendaraan Toyota dari tahun berapa pun dipersilakan untuk mampir  ke posko yang telah disediakan. Karena, ada beragam fasilitas lainnya yang disediakan, yakni ruang tunggu yang nyaman dilengkapi dengan pendingin ruangan, Wi-Fi, arena anak, kursi relaksasi, dan lainnya. Namun, selama pelayanan di posko mudik, tidak ada potongan harga yang ditawarkan oleh TAM.

Untuk kemudahan lainnya, TAM memiliki aplikasi Teman Mudik Lebaran yang bisa diunduh di telepon pintar berbasis android maupun iOS. Pada aplikasi tersebut, konsumen bisa mendapatkan tips mudik, peta mudik, permainan dan info terkait Toyota.

Fokus Pulau Jawa

Honda Prospect Motor (HPM)  juga memberikan kenyamanan bagi para konsumennya yang akan mudik  ke kampung halamannya. Mereka menyediakan 13 posko yang bisa dihampiri oleh pemudik yang mengunakan mobil Honda. Direktur Marketing dan After Sales HPM Jonfis Fandy mengatakan, posko tersebut tersedia di Jawa dan Bali.

"Posko kami ada di Jawa, karena 80 persen penjualan ada di Jawa. Kalau di Sumatra, juga ada diler yang buka," kata dia.

Beberapa posko yang tersedia, yakni Honda Rest Area KM 57 Tol Cikampek, Rest Area Cipali KM 102 A, Rest Area Cipali KM 102 B, Alas Roban-RM Kardani Putra, Tuban-RM Wahyu Utama, Paiton-RM Utama Raya, Tabanan-RM Soka Indah, Saradan-RM Saradan, Buntu-RM Margo, Jalan Raya Nagreg KM 34, Cipanas-Hotel Bukit Raya Talita, Cisarua-Hotel Puncak Prima, dan Rest Area KM 68 Tol Merak.

Menurut Jonfis, posko disediakan memang hanya untuk pelayanan yang sifatnya darurat, bukan seperti perawatan di diler-diler. Untuk itu, ia mengimbau kepada konsumennya untuk melakukan servis berkala sebelum berangkat mudik.

"Posko itu sebenarnya jarang konsumennya, itu emergency service. Kita mengingatkan konsumen jangan melakukan atau menunggu mobil diperbaki waktu di posko. Lakukanlah pengecekan sebelum mudik. Justru salah kalau konsumen menunggu posko," ungkap Jonfis.

Pelayanan lain yang disediakan di posko, yakni adanya akses Wi-Fi dan minuman bagi para konsumen. Selain itu, Honda juga memiliki bengkel yang siaga selama 24 jam sebanyak 93 bengkel yang siaga mulai 1 hingga 10 Juli 2016.

 Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Authorized Distributor Kendaraan Mitsubishi,  juga  menyediakan sejumlah program mudik Lebaran, di antaranya bengkel siaga 24 jam, bengkel siaga liburan, dan posko siaga di sejumlah kota. Bengkel siaga 24 jam selama Juli, tersedia di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Sedangkan, bengkel siaga 24 jam lainnya beroperasi pada 5-9 Juli 2016, yakni di Bandung, Bogor, Ciamis, Cibubur, Cirebon, Indramayu, Kalianda, Nganjuk, Pekalongan, Purbalingga, Tuban, Purworejo, Probolinggoo, Rembang, dan Yogyakarta.

 

Posko mudik Mitsubishi tersedia di  sembilan tempat di area yang banyak dilewati kendaraan. Di antaranya, rest area KM 102 tol Cipali, Palikanci rest area KM 207, tol Jagorawi rest area KM 45, Posko Nagrek-Jalan Raya Lingkar Nagrek, Karangkates-Taman Wisata Sutami Lahor, Pasir Putih-Restoran Bintang Raya Situbondo, Serang-Pom bensin jalan Terusan tol Meran KM 2 Cikuasa Atas, Simpang Pasir Pangairan-Jalan Lintas Sumatra Rantau Berangin, dan posko Bakauni-Dermaga.    rep: Rossi Handayani, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement