Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Datsun Perkenalkan Hatchback LCGC

Senin 25 Aug 2014 15:06 WIB

Red: operator

Janji Datsun untuk menghadirkan dua kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia terbayar sudah. Tepat pada 20 Agustus 2014, PT Nissan Motor Indonesia mengenalkan untuk pertama kalinya kendaraan hatchback Datsun Go  Panca LCGC. Kendaraan ini melengkapi line up LCGC Datsun setelah sebelumnya Datsun menghadirkan LMPV Datsun  Go+ Panca awal tahun lalu.

Namun, peluncuran resmi kendaraan yang akan ikut bersaing di kelas LCGC ini akan dilakukan pada ajang Indonesia  International Motor Show (IIMS) 2014 tanggal 18 September mendatang. Mobil ini ditujukan untuk memenuhi  keinginan pasar hatchback yang elegan, namun mengincar pasar pembeli pemula (risers).

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Yogi Ardhi/Republika

Datsun Panca GO

Bersama Datsun Go+ Panca, dua Datsun ini menggebrak mobil yang ada di Indonesia dengan harga yang jauh lebih  murah. Meskipun baru akan diluncurkan secara resmi pada IIMS 2014, Datsun Go Panca hatchback sudah dapat  dipesan sejak 20 Agustus. Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja mengungkapkan, pihaknya akan melakukan  delivery Datsun Go Panca mulai September nanti. “Harga Datsun Go Panca hatchback akan dipasarkan di kisaran  harga Rp 96 juta hingga Rp 101 juta,” kata Indriani saat soft launching Datsun Go Panca di Jakarta.

Hadirnya Datsun Go Panca ini diharapkan dapat ikut mendongkrak capaian target 40 ribu unit Datsun hingga akhir 2014. Saat ini, Datsun Go+ Panca sudah di-delivery ke konsumen sebanyak 4.500 unit dengan inden masih sekitar 9.000 unit. Artinya, dalam waktu empat bulan, dua produk Datsun akan digeber untuk mencapai  penjualan sebanyak 35 ribu lagi. Masih sedikitnya produk yang di-delivery ke konsumen disebabkan oleh kapasitas produksi pabrik baru masih terbatas. Saat ini kapasitas produksi masih berkisar 2.000 unit per bulan  dengan sistem satu shift. Rencananya, akan ditambah menjadi dua shift untuk mengejar kapasitas produksi.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Stefanus Andrianto mengungkapkan, persentase penjualan Datsun  diprediksi memang akan didominasi oleh Datsun Go+ Panca. Yaitu, dari sekitar 40 ribu unit yang ditargetkan,  Datsun Go Panca hanya akan meraup share 20 persen sedangkan Datsun Go+ Panca sebesar 80 persen. Namun, ia optimistis Datsun Go Panca akan ikut meramaikan pasar LCGC di Indonesia.

Sebab, market LCGC hingga saat ini terus mengalami progres yang bagus. Meskipun segmen LMPV masih menjadi yang  paling menggiurkan. “Prediksinya yang paling laris adalah yang Rp 101 juta, karena yang paling lengkap fiturnya,  ada power steering serta AC,” kata Stefanus.

Datsun Go Panca memiliki dimensi panjang 3.785 mm, lebar 1.635 mm, dan tinggi 1.485 mm wheelbase mobil  hatchback ini 2.450 mm dengan radius putar 4,6 meter. Tinggi  ground clearance Datsun Go Panca adalah 170  mm, mobil ini menggunakan mesin HR12DE 1198 cc. Saat ini, Datsun Go Panca tersedia dengan transmisi manual lima  kecepatan. Ada lima warna yang ditawarkan untuk Datsun Go Panca, yaitu jade, white solid, silver  metallic, gray metallic, dan black solid. rep:agus raharjo ed: firkah fansuri

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA