Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Situ Cileunca Sumber Tenaga Listrik

Jumat 19 Dec 2014 13:55 WIB

Red:

Situ Cileunca dibuat oleh kolonial Belanda pada 1918. Lo ka sinya yang tersembunyi di balik gugusan pegunungan di ka wasa Pangalengan, Kabupaten Ban dung, membuat obyek wisata di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut itu, belum tergarap se cara optimal. Padahal, Situ Ci le un ca memiliki eksotisme pemandangan yang menakjubkan.

Ini karena situ tersebut dikeli li ngi juga oleh perkebunan teh Ma labar. Selain itu, air yang masuk ke situ tersebut juga berasal dari alir an lima sungai yang ada di se kitarnya.

Petugas operator pintu air DAM Pulo Situ CIleunca Dede Roh man mengatakan, awalnya ada lima sungai yang menjadi sumber uta ma pasokan air sebelum ma suk ke Situ Cipanunjung. Namun, saat ini, hanya ada empat sungai yang mengalir ke situ Cileunca. "Awalnya dari sungai Cilaki, Cihurangan, Cikuningan dan Citambaga lalu masuk ke Cipanunjang baru masuk ke Cileunca," katanya.

Menurut Dede, apabila hanya mengandalkan dari air hujan, maka bisa dipastikan pasokan air akan be r kurang. Dia pun mengisahkan ketika Situ Cileunca pernah meng alami kekeringan yang cukup parah saat musim kemarau.

Selain itu juga, situ tersebut mengaliri dua sungai yaitu ke Su ngai Cisangkuy dan Sungai Pala yangan. "Pernah sampai nggak ada airnya pada 2010 lalu, hingga se perti selokan. Ini gara-gara kemarau panjang," ujarnya.

Dikatakan Dede, saat kondisi ke ring, tidak semua turbin dalam diaktifkan. Sebab, turbin yang ada sangat mengandalkan debit air. Dari lima turbin yang ada, hanya ada dua turbin yang dapat digunakan.

Situ CIleunca merupakan tulang punggung bagi pembangkit listrik tenaga air atau PLTA Plengan. Terletak sekitar 5 km dari kota, di keli lingi tebing-tebing bukit di sekitar nya, cukup adem dan memanjakan mata yang memandangnya. Dari si nilah tenaga listri bagi Kecamatan Pangalengan sekitar 6,75 mW diha silkan. Sebuah bangunan tua me naungi lima mesin turbin yang meng olah tenaga air menjadi listrik.

Air yang dipergunakan PLTA Plengan berasal dari tiga sumber, yakni Sungai Cisangkuy, Cisarua, dan Situ Cileunca yang berjarak 3 km dari PLTA tersebut. Untuk me nu ju ke ujung pipa atas, susunan tang ga yang berjumlah sampai 400 anak tangga, tersedia di sisinya. Un tuk kebugaran tubuh kita, rasanya tak ada salahnya mencoba menaiki dan menuruni tangga itu. ¦ c80, ed: agus yulianto

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA