Rabu 24 Apr 2013 01:38 WIB
ASEAN Baskeball League

Kejar Nomor Satu!

Aksi Indonesia Warriors (putih) dalam sebuah laga Asean Basketball League di The Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Aksi Indonesia Warriors (putih) dalam sebuah laga Asean Basketball League di The Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,  Israr Itah dari Ho Chi Minh City HO CHI MINH CITY — John Todd Purves tak ingin timnya hanya sekadar menembus play-off. Pelatih Indonesia Warriors ini mengincar peringkat satu di akhir musim regular ASEAN Basketball League (ABL) 2013.

Peluang terbuka karena Warriors hanya terpaut satu kemenangan dengan pemuncak klasemen sementara San Miguel Beermen. Mario Wuysang dkk dapat kembali menjadi nomor satu bila mampu menyapu bersih enam laga tersisa, termasuk saat menghadapi Beermen pada 3 Mei.

“Kami akan berjuang sampai kesempatan memuncaki klasemen benar-benar tertutup,” kata Todd di Ho Chi Minh City, Vietnam, Selasa (23/4).

Lawan terdekat yang menjadi bidikan Warriors adalah Saigon Heat. Kedua tim akan saling unjuk kemampuan di Stadion Tan Binh, Rabu (24/4) malam. Meskipun di atas kertas Warriors diunggulkan bakal memetik kemenangan, Todd meminta para pemainnya tetap fokus dan tidak menganggap remeh lawan.

“Saya tak mau gim ini lepas hanya karena anak-anak menganggap enteng,” ujar Todd.

Kedua tim sudah berhadapan dua kali dengan skor imbang 1-1. Kekalahan Warriors terjadi pada laga kedua di awal musim. Sejak itu, performa Steven Demon Thomas dkk menanjak. Sebaliknya, Heat terus menerima kekalahan. Warriors membayar lunas kekalahan dengan membungkam Heat 83-74 pada 3 April.

Warriors makin diunggulkan karena kekuatan Heat berkurang di laga ini. Center Dior Lowhorn tak dapat bermain karena menderita cedera lutut. Tanpa Lowhorn, tim polesan Jason Rabedeaux kehilangan top skor. Lowhorn rata-rata mencetak 26,67 setiap gim, tertinggi di ABL. Absennya Lowhorn membuat rotasi pemain Heat terbatas.

“Kami memang diuntungkan dengan kondisi tim Heat, tapi belum tentu kami bakal memenangkan laga ini dengan mudah. Anak-anak mesti bermain apik dan mendapatkan hasil bagus, sehingga kami siap menghadapi dua pertandingan besar melawan (Westports Malaysia) Dragons dan Beermen,” kata Todd.

Warriors dalam kondisi prima karena seluruh pemain bisa diturunkan, termasuk Stanley Pringle. Point guard keturunan Filipina-AS ini kemungkinan akan menjalani laga pertamanya di ABL musim ini setelah pulih dari cedera meniskus lutut kiri. Christian Ronaldo “Dodo” Sitepu dan Swen de Ruijter yang tidak dapat bergabung dalam latihan bersama rekan-rekannya sehari sebelum laga kemungkinan bisa bermain.

“Dodo dan Swen hanya mengalami gangguan kesehatan ringan. Sepertinya, tidak ada masalah memainkan mereka nanti,” ungkap Todd.

Satu-satunya kendala Warriors menghadapi laga ini adalah para pemain tidak dapat menjalani menu latihan secara penuh. Lapangan licin membuat Todd tak mau mengambil risiko. Ia meniadakan sesi simulasi gim. Para pemain hanya berlatih menembak dan mengulangi beberapa skema penyerangan.

====

Klasemen Sementara

Tim                                Menang    Kalah    Persentase    +/-

   

San Miguel Beermen                     13             3             81             211

   

Indonesia Warriors                     12             4         75             91

Westports Malaysia Dragons        9                 8         53             51

JobStreet.com Singapore Slingers     6                 11         35            -107

Sports Rev Thailand Slammers         6                 11         35             -40

Saigon Heat                         3                 12          20             -206   

===

Rekor Pertemuan

03-04-2012    Regular Season    Warriors    83-74    Heat

19-01-2013    Regular Season    Heat      77 - 72 Warriors

04-04-2012     Regular Season    Heat    88-86    Warriors

17-03-2012     Regular Season    Heat    68-72    Warriors

04-02-2012     Regular Season     Warriors    96-76    Heat

===   

Serba Pertama Stanley Pringle

Stanley Pringle semringah. Dia tak dapat menutupi kegirangannya dapat kembali beraksi di lapangan basket membela Indonesia Warriors di kompetisi basket ASEAN Basketball League (ABL). Point guard blasteran Filipina-AS ini dipastikan turun untuk kali pertama di ABL musim ini saat Warriors bertandang ke markas Saigon Heat, Rabu (24/4).

“Saya siap. Tak sabar rasanya bermain kembali bersama rekan-rekan,” ujar dia dengan mata berbinar di Ho Chi Minh City, Senin (22/4).

Pemain kelahiran 5 Maret 1987 ini terkena cedera meniskus lutut kiri. Ia menjalani operasi pada 4 Januari 2013. Saat rekan-rekannya berpeluh di lapangan, ia juga meneteskan keringat di ruang fitness untuk mengembalikan kekuatan kakinya.

Kedisiplinannya menjalankan program rehabilitasi membuatnya kembali lebih cepat. Sudah dua pekan ia berlatih bersama rekan-rekannya di lapangan, tidak sendirian lagi di ruang fitness.

“Ini penampilan pertama saya. Bukan hanya di ABL musim ini, melainkan juga di Vietnam. Sebab, saat datang ke Indonesia pertengahan musim lalu, Warriors sudah tidak bermain. Itu lagi alasan saya menantikan laga ini,” ujar dia.

Pelatih Indonesia Warriors John Todd Purves menegaskan akan menurunkan Stanley sekitar 15 hingga 20 menit pada laga yang berlangsung di Stadion Tan Binh, Ho Chi Minh City, Vietnam. “Tapi, dia tidak akan jadi starter. Saya ingin melihat kondisi fisiknya dan seberapa cepat dia bisa menyatu kembali ke tim,” ujar Todd. Stanley tak ingin comeback-nya berakhir pahit. Ia berjanji tampil sekuat tenaga menghadirkan kemenangan untuk Warriors. n ed: israr itah

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement